PERTANYAAN
Doni Ahmad Fauzi
Assalamualaikum wr.wb
Bolehkah bermakmum pada orang yg sdg shalat sunnah...
salam
JAWABAN
Toni Imam Tontowi>>
wa'alaikumsalaam
sah menurut madzhab syafi'i dan tidak sah menurut tiga madzhab yang lain .
ﻭﻣﻦ ﺷﺮﻭﻁ ﺍﻹﻣﺎﻣﺔ ﺃﻥ ﻻ ﻳﻜﻮﻥ ﺍﻹﻣﺎﻡ ﺃﺩﻧﻰ ﺣﺎﻻ ﻣﻦ ﺍﻟﻤﺄﻣﻮﻡ ﻓﻼ ﻳﺼﺢ
ﺍﻗﺘﺪﺍﺀ ﻣﻔﺘﺮﺽ ﺑﻤﺘﻨﻔﻞ ﺇﻻ ﻋﻨﺪ ﺍﻟﺸﺎﻓﻌﻴﺔ
Fiqh Alaa madzaahib Al-Arba'ah I/664
Menurut Imam Syafi'i tidak disyaratkan derajat sholat IMAM harus sama
jenisnya (seperti sholat adaa' dan Qodhoo') juga tidak tidak
disyaratkan harus sama derajatnya (seperti imam sholat sunnah sedang
makmum sholat wajib) asalkan NIZHOM/urutannya sholat sama diperkenankan
sholat berjamaah, (yang nizhomnya tidak sama seperti imam sholat
janazah sedang makmum sholat dhuhur misalnya).
Berbeda dengan Imam Madzhab lain (Hanafi, maliki dan Hambali) yang
memang di syaratkan derajat sholat imam tidak boleh lebih rendah
ketimbang sholatnya makmum.....
ومن شروط الإمامة أن لا يكون الإمام أدنى حالا من المأموم فلا يصح اقتداء مفترض بمتنفل إلا عند الشافعية
Fiqh Alaa madzaahib Al-Arba'ah I/664
ولا يضر اختلاف نية الامام والمآموم لعدم فخش المخالفة فيهما.فيصح
اقتداء المفترض بالمتنفل والمؤدى بالقاضى وفي طاويلة بقصيرة كظهربصبح
وبالعكوس لكنه مكروه ومع ذلك تحصل فضيلة الجماعة قال : السويقى
والكراهة لاتنقى الفضيلة .
Dan tidak bahaya perbedaan niatnya imam dan makmum dalam shalat
berjamaah karena tidak adanya kenistaan ketidaksamaan didalamnya,
karenanya sah makmumnya orang shalat fardhu pada imam yang shalat sunat,
makmum shalat ada’ pada imam shalat qadha dan makmum shalat panjang
seperti shalat dzuhur pada imam shalat pendek seperti shalat shubuh
dan sebaliknya hanya saja hukumnya makruh namun masih didapatkan
fadhilah berjamaah.
Berkata as-Suwayqy “Kemakruhan tersebut tidak dapat menafikan fadhilah jamaah”
Hasyiyah al-Baajury I/205, as-Syarqowi juz I/322Wallaahu A'lamu Bis Showaab
https://www.facebook.com/groups/piss.ktb/doc/208569892499160/
Mbah Godek
orang sholat fardlu bermakmum pada orang yg sholat sunnah hukumnya khilaful aula/sebaiknya tidak seperti itufathul muin
وخرج بالأداء القضاء
نعم إن اتفقت مقضية الإمام والمأموم سنت الجماعة وإلا فخلاف الأولى كأداء
خلف قضاء وعكسه وفرض خلف نفل وعكسه وتراويح خلف وتر وعكسه
keluar
dari pembahasan kesunahan jamaah dari perkataan mushonnif ADA' adalah
QODLO' maka tidak disunnahkan berjamaah pada sholat qodlo'emang
benar begitu tapi jika cocok antara sholat qodlo'nya imam dan makmum
maka tetap disunnahkan berjamaah dan jika tidak cocok maka hukumnya
khilaful aula sebagaimana imam ada' makmum qodlo dan sebaliknya.
dan imam fardlu makmum sunnah dan sebaliknya,dan imam melakukan witir makmum tarowih dan sebaliknya
إعانة الطالبين (2/ 4) ( قوله وخرج بالأداء القضاء)
أي فلا تسن فيه الجماعة ( قوله نعم إن اتفقت مقضية الإمام والمأموم )
تقييد لعدم سنية الجماعة في القضاء والمراد باتفاق ذلك اتفاق شخصه كظهر
وظهر لا ظهر وعصر أو عشاء لأنهما مختلفان شخصا وإن اتفقا عددا ( وقوله سنت الجماعة ) أي لما في الصحيحين أنه صلى الله عليه وسلم صلى بالصحابة جماعة حين فاتتهم في الوادي ( قوله وإلا ) أي وإن لم تتفق مقضيتهما شخصا فهي خلاف الأولى ولا تكره ( قوله كأداء خلف إلخ ) الكاف للتنظير في أن الجماعة في ذلك خلاف الأولى
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar