Sabtu, 21 April 2012

093 : BOLEHKAH BERMAKMUM KEPADA ORANG YANG SEDANG SHALAT SUNNAH

PERTANYAAN
 

Doni Ahmad Fauzi

Assalamualaikum wr.wb

Bolehkah bermakmum pada orang yg sdg shalat sunnah...

salam


JAWABAN


Toni Imam Tontowi>>

wa'alaikumsalaam

 sah menurut madzhab syafi'i dan tidak  sah menurut tiga madzhab yang lain .

ﻭﻣﻦ ﺷﺮﻭﻁ ﺍﻹﻣﺎﻣﺔ ﺃﻥ ﻻ ﻳﻜﻮﻥ ﺍﻹﻣﺎﻡ ﺃﺩﻧﻰ ﺣﺎﻻ ﻣﻦ ﺍﻟﻤﺄﻣﻮﻡ ﻓﻼ ﻳﺼﺢ
ﺍﻗﺘﺪﺍﺀ ﻣﻔﺘﺮﺽ ﺑﻤﺘﻨﻔﻞ ﺇﻻ ﻋﻨﺪ ﺍﻟﺸﺎﻓﻌﻴﺔ

Fiqh Alaa madzaahib Al-Arba'ah I/664



Menurut Imam Syafi'i tidak disyaratkan derajat sholat IMAM harus sama jenisnya (seperti sholat adaa' dan Qodhoo') juga tidak tidak disyaratkan harus sama derajatnya (seperti imam sholat sunnah sedang makmum sholat wajib) asalkan NIZHOM/urutannya sholat sama diperkenankan sholat berjamaah, (yang nizhomnya tidak sama seperti imam sholat janazah sedang makmum sholat dhuhur misalnya).
Berbeda dengan Imam Madzhab lain (Hanafi, maliki dan Hambali) yang memang di syaratkan derajat sholat imam tidak boleh lebih rendah ketimbang sholatnya makmum.....

ومن شروط الإمامة أن لا يكون الإمام أدنى حالا من المأموم فلا يصح اقتداء مفترض بمتنفل إلا عند الشافعية

Fiqh Alaa madzaahib Al-Arba'ah I/664

ولا يضر اختلاف نية الامام والمآموم لعدم فخش المخالفة فيهما.فيصح اقتداء المفترض بالمتنفل والمؤدى بالقاضى وفي طاويلة بقصيرة كظهربصبح وبالعكوس لكنه مكروه ومع ذلك تحصل فضيلة الجماعة قال : السويقى والكراهة لاتنقى الفضيلة .

Dan tidak bahaya perbedaan niatnya imam dan makmum dalam shalat berjamaah karena tidak adanya kenistaan ketidaksamaan didalamnya, karenanya sah makmumnya orang shalat fardhu pada imam yang shalat sunat, makmum shalat ada’ pada imam shalat qadha dan makmum shalat panjang seperti shalat dzuhur pada imam shalat pendek seperti shalat shubuh dan sebaliknya hanya saja hukumnya makruh namun masih didapatkan fadhilah berjamaah.
Berkata as-Suwayqy “Kemakruhan tersebut tidak dapat menafikan fadhilah jamaah”
Hasyiyah al-Baajury I/205, as-Syarqowi juz I/322Wallaahu A'lamu Bis Showaab



https://www.facebook.com/groups/piss.ktb/doc/208569892499160/


Mbah Godek

orang sholat fardlu bermakmum pada orang yg sholat sunnah hukumnya khilaful aula/sebaiknya tidak seperti itufathul muin

وخرج بالأداء القضاء نعم إن اتفقت مقضية الإمام والمأموم سنت الجماعة وإلا فخلاف الأولى كأداء خلف قضاء وعكسه وفرض خلف نفل وعكسه وتراويح خلف وتر وعكسه

keluar dari pembahasan kesunahan jamaah dari perkataan mushonnif ADA' adalah QODLO' maka tidak disunnahkan berjamaah pada sholat qodlo'emang benar begitu tapi jika cocok antara sholat qodlo'nya imam dan makmum maka tetap disunnahkan berjamaah dan jika tidak cocok maka hukumnya khilaful aula sebagaimana imam ada' makmum qodlo dan sebaliknya.

dan imam fardlu makmum sunnah dan sebaliknya,dan imam melakukan witir makmum tarowih dan sebaliknya

إعانة الطالبين (2/ 4) ( قوله وخرج بالأداء القضاء)

أي فلا تسن فيه الجماعة ( قوله نعم إن اتفقت مقضية الإمام والمأموم ) تقييد لعدم سنية الجماعة في القضاء والمراد باتفاق ذلك اتفاق شخصه كظهر وظهر لا ظهر وعصر أو عشاء لأنهما مختلفان شخصا وإن اتفقا عددا ( وقوله سنت الجماعة ) أي لما في الصحيحين أنه صلى الله عليه وسلم صلى بالصحابة جماعة حين فاتتهم في الوادي ( قوله وإلا ) أي وإن لم تتفق مقضيتهما شخصا فهي خلاف الأولى ولا تكره ( قوله كأداء خلف إلخ ) الكاف للتنظير في أن الجماعة في ذلك خلاف الأولى

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar