Sabtu, 21 April 2012

128 : KHILAFAH & SUBTITANSI DARI GAGASANNYA

PERTANYAAN

Andy Sona >>

Apa yang disebut Khilafah..?
Apa yang menjadi substansi dari gagasan Khilafah tersebut..?

Apakah Khilafah ada dalam al-Quran..?

ASSALAMUALAIKUM PORO HUDA SARUNGA MOHON PENJELASAN NYA



JAWABAN


Abah Than-than>>

Kholafa -hu > Khilaafatan maksudnya (seseorang ) menjadi Pengganti.
Is-tikh-laf > Istakh-lafa-hu > Mengangkat seseorang menjadi Penggantinya.
Istakhlafa , menggunakan (wazan Istaf-ala , yaitu Fi'il Madhi Sudasy ,Mabdi Ma'lum) (Fa'il) Fi'il Madhi menunjukan yg sudah dilakukan.

Pertanyaannya , Apakah Nabi Saw melakukan Is-tikh-laf ? jika Nabi Saw melakukan Istikh-laf , maka penting utk dibicarakan namun jika Nabi Saw tidak melakukan Istikhlaf , buat apa membahas sesuatu yg tdk diulakukan oleh Nabi Saw ?

Siapa yg berhak melakukan Istikhlaf ?

"Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para malaikat: ""Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi ......dst....(ila akhiril-ayat) . Qs. 2 : 30
Disini yg melakukan adalah Alloh Swt sendiri. taau mengangkat seorang IMAM ,
Sesungguhnya Aku akan menjadikanmu imam bagi seluruh manusia"". Ibrahim berkata: ""(Dan saya mohon juga) dari keturunanku"". Allah berfirman: ""Janji-Ku (ini) tidak mengenai orang-orang yang lalim .. Qs.2 : 124.

Misalnya dalam ayat ,

" Hai orang-orang yang beriman, taatilah Allah dan taatilah Rasul (Nya), dan ulil amri di antara kamu. Kemudian jika kamu berlainan pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah ia kepada Allah (Al Qur'an) dan Rasul , jika kamu benar-benar beriman kepada Allah dan hari kemudian. Yang demikian itu lebih utama dan lebih baik akibatnya.Qs. 4 : 59

Uulil-amri > asal kata dari Waliy >Walaa > orang yg memiliki loyalkitas tinggi kepada Alloh dan Rosul- Nya.
Waliyyul-amri > Orang yg diserahi utk m,engatur/ mengurus urusan2 syari'at. ( menjaga, memilihara dan melaksanakan AL-Qur'an - Hukum2- Nya)
Jia Khilafah atau Imamah > Istikhlaf , yg dilakukan oleh Rosululloh benar adanya , maka itu sebuah prinsiip atau dasar Islam. atau Khilafahg mrp Aqidah dalam Islam , karena di tentukan oleh Alloh dan Rosul- Nya.

Akan tetapi jika dalam Islam Rosul sendiri tdk melakukan Istikhlaf , maka Khilafah yang mana dan macam apa yg ada dan selalu di gembar - gemborkan pentingnya Khilafah.
Jika selain Nabi Saw , yg menentukan Khilfah , maka pemimpin atrau Imam yg ditunjuk oleh manusia adalah pemimpin atas dasar selera, dan Nabi Saw tdk mengajarkan memilih pemimpin - khilafah berdasarkan selera.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar