Selasa, 24 April 2012

162 : APAKAH JODOH ITU HAK PREOGRATIF ALLAH?

PERTANYAAN


MzU' Alwaysinmyheart

Assalamu'alaikum warohmah Wabarokah

"Jodoh ditangan Allah SWT...jika ada muslim dg muslim menikah udah biasa orang2 bilang mereka berjodoh karena Allah...nah jika ada muslim n non muslim menikah apakah mereka berjodoh krn Allah SWT????"


Met malam sedulur HUDA,met rehat ^_^


JAWABAN


Aryo Mangku Langit

Sebagaimana firman Allah swt : Kami jadikan bagi mereka dua jalan (QS Al Balad 10)
juga firman Nya : Kami memberi mereka jalan (yang mereka pilih) apakah mereka bersyukur atau kufur (QS Al Insan 3)

Maka kembali masalah jodoh, hal itu mutlak namun relatif, dengan doanya boleh merubah jodohnya diganti dg yg lebih baik, atau dengan banyaknya amal dosanya maka rizki yang termasuk jodohnya boleh menjadi buruk...


Abah Than-than Semua manusia diberikan Aqal (hati Nurani) oleh Alloh Swt . Dengannya manusia bisa memilih mana yang jelek dan mana yg baik. pilihan (ikhtiyar ) inilah yg diberikan oleh Alloh Swt kpd manusia agar manusia bisa menentukan ikhtiyar ( pilihan) nya. Jika wanita mencari pasangannya itu adal;ah pilihannya. ataupun jk laki2 mencari pasangannya itupun adalah ikhtiyarnya. Namun Nabi Saw telah memberikan kriteria yg hrs diperhatikan yaitu ,


Abah Than-than

‎1. Agamanya
2. Cantiknya
3. Keturunannya
4. Kekayaannya.

Jika jodoh sdh ditentukan oleh Alloh swt , kenapa Nabi Saw memberikan Kriteri pilihan.
Atau adakah seseorang yg dikirimi rempuan bagi laki2 ? atau perempuan dikirimi laki2 , oleh Alloh Swt ,tanpa laki2 atau perempuan itu memilih ?
Bukankah keduanya hrs ada Cemistry dimana keduanya saling mengenal lewat Ta'aruf, shg disitu ada cinta dan kasih sayang krn Alloh ? yg dibangun sampai rumah tangga ?
Tidak ada satu dalil pun yg menyatakan bahwa jodoh adalah hak prerogratif dari Alloh , sehingga manusia tdk menentukan siapa teman hidupnya. Jika ada org tdk menikah , berarti Alloh tdk memberinya jodoh ,sehingga tidak adil , mungkin kah ALLOH SWT tdk adil ?
Jadi dalam pernikhan siapapun , apapun agamanya manusialah yg menentukan pilihannya. krn manusia bukan robot.

tp karena orang lain menghalangi shg menyebabkan HAK PILIH gagal total siapakah yg bertanggung jawab??

Innalloha Laa Yughoyyiru Maa bi-qoumin hatta Yughoyyiru Maa Bi-anfusihim". Qs.13 : 11

Jika ada orang yg menjalin berkasih sayang krn Alloh , dan kita atau orang lain menghalanginya ,maka yg bertanggung jawab atas dosanya adalah orang tersebut.
Karena orang tersebut telah berlaku dzalim.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar