Kamis, 11 Juli 2013

1008 : MENCICIPI MAKANAN SAAT PUASA

PERTANYAAN
Durö Böy
Assalamuslaikum wr wb

Sudah jadi kebiasaan di kampung para bu nyai tante n mbook swaktu masak mencicipi masakanya
Bagaimana puasa nya batal atau tidak +ibarotnya

Atas jawabanya sukron katsiirr ...!
JAWABAN

Mbah Pardan Milanistie

 wa'alaikum salam

 من ﺫﻟﻚ ﺫﻭﻕ ﺍﻟﻄﻌﺎﻡ ﻓﺎﻧﻪ ﻳﻜﺮﻩ ﻟﻠﺼﺎﺋﻢ ﺍﻻ ﻟﺤﺎﺟﺔ
ﻛﺎﻥ ﻳﻜﻮﻥ ﻃﺮﺧﺎ ﻭ ﻧﺤﻮﻩ ﻓﻼ ﻳﻜﺮﻩ
ﺍﻟﻔﻘﻪ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻤﺬﺍﻫﺐ ﺍﻻﺭﺑﻌﺔ ١/٥١٨

Sebagian diantara perkara yg dimakruhkan bagiorang yg berpuasa adalah mencicipi makanan,kecuali adanya hajat semisal memasak, makatidak dimakruhkan.

Kemakruhan ini terjadi karena dihawatirkanmakanan akan tertelan.

ﻭ ﺗﺮﻙ ﺫﻭﻕ ﺍﻟﻄﻌﺎﻡ ﺑﻞ ﻳﻜﺮﻩ ﺧﻮﻑ ﻭﺻﻮﻟﻪ ﻟﺠﻮﻓﻪﺑﺸﺮﻯ ﺍﻟﻜﺮﻳﻢ ٥٧

Kesunahan berpuasa adalah meninggalkanmencicipi makanan, bahkan mencicipi inimakruh karena dihawatirkan sampainya makananke jauf.

ﺤﻞ ﺍﻟﻜﺮﺍﻫﺔ ﺍﻥ ﻟﻢ ﺗﻜﻦ ﻟﻪ ﺣﺎﺟﺔ ﺍﻣﺎ ﺍﻟﻄﺒﺎﺡ ﺭﺟﻼﻛﺎﻥ ﺍﻭ ﺍﻣﺮﺍﺀﺓ ﻭﻣﻦ ﻟﻪ ﺻﻐﻴﺮ ﻳﻌﻠﻠﻪ ﻓﻼ ﻳﻜﺮﻩ ﻓﻲﺣﻘﻬﻤﺎ ﺫﻟﻚ ﻗﺎﻟﻪ ﺍﻟﺰﻳﺎﺩﻱ

"Dimakruhkan mencicipi makanan (bagi orangyang puasa...) tersebut bila memang bagi orangyang tidak ada kepentingan sedangkan bagiseorang pemasak makanan baik laki-laki atauperempuan atau orang yang memiliki anak kecil yang mengunyahkan makanan buatnya maka tidak dimakruhkan mencicipi makanan buat mereka seperti apa yang di fatwakan Imam Az-Ziyaadi" (Assyarqowy I/445


Preman Sarungan

wa'alaikumsalam

BOLEH ASAL TIDAK DI TELAN MASAKAN YANG DICICIPINYA TADI,dan berniyat hanya sekedar mencicipi masakan tersebut.

Landasan;

تحفة المحتاج في شرح المنهاج الجزء 3 صحـ : 425 مكتبة دار إحياء التراث العربي
وَ عَنْ ذَوْقِ الطَّعَامِ وَغَيْرِهِ بَلْ يُكْرَهُ خَوْفًا مِنْ وُصُولِهِ إلَى حَلْقِهِ ( قَوْلُهُ إلَى حَلْقِهِ ) قَضِيَّتُهُ أَنَّ وُصُولَهُ قَهْرًا عَلَيْهِ مُفْطِرٌ وَلاَ يَبْعُدُ فِيمَا إذَا احْتِيجَ لِلذَّوْقِ أَنْ لاَ يَضُرَّ سَبْقُهُ إلَى الْجَوْفِ كَمَا يُؤْخَذُ مِمَّا تَقَدَّمَ فِي الْحَاشِيَةِ عَنِ اْلأَنْوَارِ ( قَوْلُهُ بَلْ يُكْرَهُ إلَخْ ) نَعَمْ إنِ احْتَاجَ إلَى مَضْغِ نَحْوِ خُبْزٍ لِطِفْلٍ لَمْ يُكْرَهْ نِهَايَةٌ وَإِيعَابٌ قَالَ ع ش قَوْلُهُ نَعَمْ إنِ احْتَاجَ إلَخْ قَضِيَّةُ اقْتِصَارِهِ عَلَى ذَلِكَ كَرَاهَةُ ذَوْقِ الطَّعَامِ لِغَرَضِ إِصْلاَحِهِ لِمُتَعَاطِيهِ وَيَنْبَغِي عَدَمُ كَرَاهَتِهِ لِلْحَاجَةِ وَإِنْ كَانَ عِنْدَهُ مُفْطِرٌ غَيْرُهُ ِلأَنَّهُ قَدْ لاَ يُعْرَفُ إصْلاَحُهُ مِثْلَ الصَّائِمِ اهـ ( قَوْلُهُ فِي الْمَتْنِ وَذَوْقِ الطَّعَامِ وَالْعِلْكِ ) وَمَحَلُّهُ فِي غَيْرِ مَا يَتَفَتَّتُ أَمَّا هُوَ فَإِنْ تَيَقَّنَ وُصُولَ بَعْضِ جِرْمِهِ عَمْدًا إلَى جَوْفِهِ أَفْطَرَ وَحِينَئِذٍ يَحْرُمُ مَضْغُهُ بِخِلاَفِ مَا إذَا شَكَّ أَوْ وَصَلَ طَعْمُهُ أَوْ رِيحُهُ ِلأَنَّهُ مُجَاوِرٌ اهـ

Focusnya saja kang bahwa memncicipi masakan itu bagi orang yg berpuasa itu makruh,

Jika ada hajat untuk mengunyahkan makan untuk anak kecil boleh dan tidak makruh

link dokumen :

https://www.facebook.com/groups/kasarung/doc/614976358527106/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar