Senin, 15 Juli 2013

1029 : JUAL MAKANAN DI SIANG RAMADHAN

PERTANYAAN

Alvaro Zulfadhli Aqila
Assalamu'alaikum

Bgmn hukumnya jualan makanan (masakan,laukpauk,kolak,es) di siang hari bulan romadhon?
JAWABAN

Gembala Terasing


wa'alaikumsalam

Kalau Dzon kita yakin bahwa makanan itu akan dimakan pada siang hari di bulan Romadhon maka HARAM karena Termasuk I'anah 'alal ma'siyat

Dalam Kitab I’aanah at-Thoolibiin III/24
Haram hukumnya sesuatu tindakan yg mengarah pada kemaksiyatan,
seperti halnya menjual tunggangan pada orang yang akan membebaninya diluar batas kemampuannya, menjual hamba sahaya wanita untuk menyanyi yang diharamkan, menjual kayu pada orang yang akan memakainya untuk alat malaahi, dan seperti orang muslim dewasa yang memberi makanan pada orang kafir dewasa disiang hari ramadhan, begitu juga menjual makanan bila yakin atau menduga kuat ia akan memakannya disiang hari r0madhon.

( وقوله من كل تصرف يفضي إلى معصية ) بيان لنحو وذلك كبيع الدابة لمن يكلفها فوق طاقتها والأمة على من يتخذها لغناء محرم والخشب على من يتخذه آلة لهو وكإطعام مسلم مكلف كافرا مكلفا في نهار رمضان وكذا بيعه طعاما علم أو ظن أنه يأكله نهارا
Ibnu Hasyim Alwi

Terkecuali jika yang ia jual adalah makanan yang di peruntukkan untuk orang yang tidak berkewajiban puasa, seperti anak kecil , wanita haid. Atau makanan yang di yakini akan jadikan buka puasa Maka menjualnya DIBOLEHKAN
Namun apabila dia dalam keraguan maksudnya tidak tahu apakah makanan yang ia jual akan di konsumsi di siang hari / pada waktu malam maka Hukumnya MAKRUH.
لا يجوز بيع الطعام مأكولاً كان أو مشروباً في نهار رمضانلمن يجب عليه الصيام من المسلمين إذا كان سيستعمله في الوقت المحرمفيه عليه لأن ذلك تعاون معه على الإثم قال الله تعالى: ولاتعاونوا على الإثم والعدوان.أماإذا علم من حال المشتري أنه يريد لمن به عذر شرعي مانع له من الصيام كالشيخ الفاني والمريض والحائض والصبي ، فلا حرج إن شاء الله في ذلك ، فإذا التبس الأمر أو كان الغالب على الظن استعماله مما لا يجوز له
Fatawy Asy Syabakah..
---
وبيع نحو رطب " كعنب " لمتخذه مسكرا " بأن يعلم منهذلك أو يظنه فإن شك فيه أو توهمه منه فالبيع له مكروه وإنما حرم أو كره لأنه سبب لمعصية محققة أو مظنونة أو لمعصية مشكوك فيها أو متوهمة وتعبيري بما ذكر أعم وأولى من قوله وبيع الرطب والعنب لعاصر الخمر
Fathul Wahhab ..

link dokumen :

 https://www.facebook.com/groups/kasarung/doc/616703295021079/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar