Sabtu, 13 Juli 2013

1018 : HUKUM DARAH HAID SAAT HAMIL

PERTANYAAN

Alvaro Zulfadhli Aqila
Assalamu'alaikum
Trims uda d masukin k grup ni.
Anggota baru mau tanya.

Wanita hamil tapi tiap bulan masih ngeluarin darah layakny haid,  Itu darah apa?

Masih kah wajib sholat dan lain sebagai nya?
Mohon penjelasannya. 

Maturnuwun.


JAWABAN

Brojol Gemblung

Wa'alaikumussalam

Ketika perempuan sedang HAMIL dan dia melihat darah (bukan cairan) dan memenuhi syarat2 haid (tidak kurang dari 24 jam, dan tidak lebih dari 15 hari), maka menurut madzhab Syafi'iyyah dan Malikiyyah itu darah haid,, karena perempuan yg hamil memungkinkan untuk haid menurut mereka,, yg berarti ketika memenuhi syarat haid, maka TIDAK WAJIB atasnya untuk shalat atau berpuasa pada bulan Ramadhan,, akan tetapi bila tidak memenuhi syarat2 daripada haid, maka WAJIB baginya untuk shalat atau berpuasa pada bulan Ramadhan,, yg berarti darahnya adalah darah fasad,, Berbeda dg pendapat Imam Abu Hanifah dan Ahmad bahwa darah yg keluar dari perempuan yg hamil adalah darah fasad karena dia tidak bisa haid.

ﺣﺎﺷﻴﺔ ﺍﻟﺒﺠﻴﺮﻣﻲ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﺨﻄﻴﺐ 3/236 :

ﻭﺍﻷﻇﻬﺮ ﺃﻥ ﺩﻡ ﺍﻟﺤﺎﻣﻞ ﺣﻴﺾ ﻭﻫﻮ ﻗﻮﻝ ﻣﺎﻟﻚ ﻭﺍﻟﺸﺎﻓﻌﻲ ﻓﻲ ﺃﺭﺟﺢ ﻗﻮﻟﻴﻬﻤﺎ ﺃﻧﻬﺎ ﺗﺤﻴﺾ ، ﻭﻗﺎﻝ ﺃﺑﻮ ﺣﻨﻴﻔﺔ ﻭﺃﺣﻤﺪ : ﺇﻥ ﺍﻟﺤﺎﻣﻞ ﻻ ﺗﺤﻴﺾ ﻭﻣﺎ ﺗﺮﺍﻩ ﻣﻦ ﺍﻟﺪﻡ ﻓﻬﻮ ﺩﻡ ﻓﺴﺎﺩ ، ﻭﻓﺎﺋﺪﺓ ﺍﻟﺨﻼﻑ ﺃﻧﻬﺎ ﻋﻠﻰ ﺍﻷﻭﻝ ﻻ ﺗﺼﻮﻡ ﻭﻻ ﺗﻠﺰﻣﻬﺎ ﺍﻟﺼﻼﺓ ، ﻭﻋﻠﻰ ﺍﻟﺜﺎﻧﻲ ﺗﺼﻮﻡ ﻭﺗﺼﻠﻲ.


Sunde Pati

sepakat dengan mbah Brojol Gemblung

الإقناع للشربيني (1/ 97)

والأظهر أن دم الحامل حيض وإن ولدت متصلا بآخره بلا تخلل نقاء لإطلاق الآية السابقة والأخبار والنقاء بين دماء أقل الحيض فأكثر حيض تبعا لها بشروط وهي ألا يجاوز ذلك خمس عشر يوما ولم
تنقص الدماء عن أقل الحيض وأن يكون النقاء محتوشا بين دمي حيض فإذا كانت ترى وقتا دما ووقتا نقاء واجتمعت هذه الشروط حكمنا على الكل بأنه حيض وهذا يسمى قول السحب وقيل إن النقاء طهر لأن الدم إذا دل على الحيض وجب أن يدل النقاء على الطهر وهذا يسمى قول اللقط


 الحاوى الكبير ـ الماوردى (10/ 295)

وَالْقَوْلُ الثَّانِي : وَهُوَ قَوْلُهُ فِي الْجَدِيدِ : أَنَّ دَمَ الْحَامِلِ إِذَا ضَارَعَ الْحَيْضَ فِي الصِّفَةِ وَالْقَدْرِ كَانَ حَيْضًا

-------------

السراج الوهاج (ص: 33)

والأظهر أن دم الحامل والنقاء بين
دماء
أقل الحيض
فأكثر
حيض
بشرط أن لا يجاوز ذلك خمسة عشر يوما ولم تنقص الدماء عن أقل الحيض وأن يكون النقاء محتوشا بين دمي حيض فإذا كانت ترى وقتا دما ووقتا نقاء واجتمعت هذه الشروط حكمنا على الكل بأنه حيض ومقابل الأظهر أن النقاء طهر ومحل الخلاف في غير الفترات المعتادة أما هي فهي حيض بيقين


link dokumen :

 https://www.facebook.com/groups/kasarung/doc/615836405107768/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar