Sabtu, 13 Juli 2013

1016 : YANG DI MAKSUD DENGAN AURAT SHUGHRA DAN KUBRA

PERTANYAAN

Khoir Ibn Abi Mator

Assalamu'alaikum...wrwb .

pertanyaan titipan
apa yg d maksud dengan aurot shoghir dan kabir bagi laki2 dan perempuan .

wassalamu'alaikum...wrwb


JAWABAN

Brojol Gemblung

Wa'alaikumussalam

Aurat itu ada dua macam: Aurat Shughra (Kecil) dan Aurat Kubra (Besar)

Aurat Kubro adalah seluruh anggota badan kecuali wajah dan telapak tangan.
Sedangkan Aurat Shughro adalah anggota di antara pusar dan lutut.


Keadaan yg mengharuskan seorang wanita menutup kedua macam aurat tersebut terdapat tiga bagian :

1. Wajib menutup aurat kubro dalam tiga kondisi :

a. Dalam keadaan shalat.

b. Ketika bersama laki-laki yg bukan mahramnya, tidak ada perbedaan antara
lelaki muslim, kafir, yg merdeka, budak, yg terhormat, yg fasik, yg
berakal, dan yg gila, dalam hal wajibnya menutup aurat kubronya (wanita)
dari mereka semua.

c. Ketika bersama Khuntsa Musykil (orang yg memiliki dua alat kelamin).

2. Seorang wanita wajib menutup aurat shughro ketiga bersama tiga kelompok :

a. Kaum wanita, baik kerabat jauh, kerabat dekat, wanita merdeka, budak wanita, wanita muslimah, ataupun wanita kafir dzimmi.

b. Kaum lelaki dari mahramnya, seperti anak, bapak, saudara, dan pamannya, baik jalinan itu karena nasab ataupun tunggal susu.

c. Anak kecil yg belum baligh dan tidak membangkitkan hasrat.

3. Beberapa kelompok yg masih diperselisihkan batasan aurat seorang wanita ketika bersamanya; mereka ada tiga kelompok :

A. Budak yg dimilikinya.

Dalam hal ini terbagi menjadi tiga madzhab ketika wanita bersama budaknya :

a.1. Aurat kubro, seperti ketika bersama lelaki yg bukan mahramnya.

a.2. Aurat shughro, seperti ketika bersama sanak familinya.

a.3. Seluruh anggota badan kecuali dari lengan sampai selebihnya, dan dari betis sampai selebihnya.

B. Lelaki lanjut usia yg telah kehilangan syahwat.

Dalam hal ini aurat wanita ketika bersama mereka ada dua pandangan :

b.1. Aurat kubro, seperti ketika bersama lelaki yg bukan mahramnya.

b.2. Aurat shughro, seperti ketika bersama anak kecil.

C. Lelaki yg terpotong dzakarnya, bukan yg dikebiri buah pelirnya.

Dalam hal ini aurat wanita ketika bersamanya ada dua pandangan :

c.1. Aurat kubro, sebagaimana bersma lelaki yg bukan mahramnya.

c.2. Aurat shughro, sebagaimana bersama anak kecil.

Sedangkan
golongan orang yg lemah dzakar dan orang yg kurang perhitungan dalam
berbicara atau putus asa (entah sebab pikun ataupun lumpuh), seperti
orang yg dikebiri dan waria, mereka semua seperti orang lelaki dalam hal
aurat, baik aurat yg terlihat dari mereka ataupun terhadap mereka.


 الحاوي الكبير ــ الماوردي ــ ج 2 ص 396 :

ﻭﺃﻣﺎ ﺍﻟﻌﻮﺭﺓ ﻓﻀﺮﺑﺎﻥ ﺻﻐﺮﻯ ﻭﻛﺒﺮﻯ ، ﻓﺄﻣﺎ ﺍﻟﻜﺒﺮﻯ ﻓﺠﻤﻴﻊ ﺍﻟﺒﺪﻥ ﺇﻻ ﺍﻟﻮﺟﻪ ﻭﺍﻟﻜﻔﺎﻥ ،
ﻭﺃﻣﺎ ﺍﻟﺼﻐﺮﻯ ﻓﻤﺎ ﺑﻴﻦ ﺍﻟﺴﺮﺓ ﻭﺍﻟﺮﻛﺒﺔ ﻭﻣﺎ ﻳﻠﺰﻣﻬﺎ ﺳﺘﺮ ﻫﺎﺗﻴﻦ ﺍﻟﻌﻮﺭﺗﻴﻦ ﻣﻦ ﺃﺟﻠﻪ
ﻋﻠﻰ ﺛﻼﺛﺔ ﺃﺿﺮﺏ :

ﺃﺣﺪﻫﺎ : ﺃﻥ ﻳﻠﺰﻣﻬﺎ ﺳﺘﺮ ﺍﻟﻌﻮﺭﺓ ﺍﻟﻜﺒﺮﻯ ، ﻭﺫﻟﻚ
ﻓﻲ ﺛﻼﺛﺔ ﺃﺣﻮﺍﻝ :

ﺃﺣﺪﻫﺎ : ﻓﻲ ﺍﻟﺼﻼﺓ ﻭﻗﺪ ﻣﻀﻰ ﺣﻜﻤﻬﺎ

ﻭﺍﻟﺜﺎﻧﻲ : ﻣﻊ ﺍﻟﺮﺟﺎﻝ ﺍﻷﺟﺎﻧﺐ ، ﻭﻻ ﻓﺮﻕ ﺑﻴﻦ ﻣﺴﻠﻤﻬﻢ ، ﻭﻛﺎﻓﺮﻫﻢ ، ﻭﺣﺮﻫﻢ ، ﻭﻋﺒﺪﻫﻢ ،
ﻭﻋﻔﻴﻔﻬﻢ ، ﻭﻓﺎﺳﻘﻬﻢ ، ﻭﻋﺎﻗﻠﻬﻢ ، ﻭﻣﺠﻨﻮﻧﻬﻢ ﻓﻲ ﺇﻳﺠﺎﺏ ﺳﺖﺭ ﺍﻟﻌﻮﺭﺓ ﺍﻟﻜﺒﺮﻯ ﻣﻦ
ﺟﻤﻴﻌﻬﻢ

ﻭﺍﻟﺜﺎﻟﺚ : ﻣﻊ ﺍﻟﺨﻨﺎﺛﻰ ﺍﻟﻤﺸﻜﻠﻴﻦ ، ﻷﻥ ﺟﻤﻠﺔ ﺍﻟﻤﺮﺃﺓ ﻋﻮﺭﺓ ﻓﻼ ﻳﺴﺘﺒﺎﺡ ﺍﻟﻨﻈﺮ ﺇﻟﻰ ﺑﻌﻀﻬﺎ ﺑﺎﻟﺸﻚ

ﻭﺍﻟﻘﺴﻢ ﺍﻟﺜﺎﻧﻲ : ﻣﺎ ﻳﻠﺰﻣﻬﺎ ﺳﺘﺮ ﺍﻟﻌﻮﺭﺓ ﺍﻟﺼﻐﺮﻯ ﻭﺫﻟﻚ ﻣﻊ ﺛﻼﺛﺔ ﺃﺻﻨﺎﻑ :

ﺃﺣﺪﻫﺎ ﻣﻊ ﺍﻟﻨﺴﺎﺀ ﻛﻠﻬﻦ ، ﻭﻻ ﻓﺮﻕ ﺑﻴﻦ ﺍﻟﺒﻌﻴﺪﺓ ﻭﺍﻟﻘﺮﻳﺒﺔ ، ﻭﺍﻟﺤﺮﺓ ﻭﺍﻷﻣﺔ ، ﻭﺍﻟﻤﺴﻠﻤﺔ ﻭﺍﻟﺬﻣﻴﺔ.

ﻭﺍﻟﺜﺎﻧﻲ : ﻣﻊ ﺍﻟﺮﺟﺎﻝ ﻣﻦ ﺫﻭﻱ ﻣﺤﺎﺭﻣﻬﺎ ﻛﺎﺑﻨﻬﺎ ، ﻭﺃﺑﻴﻬﺎ ، ﻭﺃﺧﻴﻬﺎ ، ﻭﻋﻤﻬﺎ ﻣﻦ ﻧﺴﺐ ﺃﻭ ﺭﺿﺎﻉ

ﻭﺍﻟﺜﺎﻟﺚ : ﻣﻊ ﺍﻟﺼﺒﻴﺎﻥ ﺍﻟﺬﻳﻦ ﻟﻢ ﻳﺒﻠﻐﻮﺍ ﺍﻟﺤﻠﻢ ، ﻭﻻ ﺗﺤﺮﻛﺖ ﻋﻠﻴﻬﻢ ﺍﻟﺸﻬﻮﺓ

ﻭﺍﻟﻘﺴﻢ ﺍﻟﺜﺎﻟﺚ : ﻣﺨﺘﻠﻒ ﻓﻴﻪ ﻭﻫﻢ ﺛﻼﺛﺔ ﺃﺻﻨﺎﻑ :

ﺃﺣﺪﻫﺎ : ﻋﺒﻴﺪﻫﺎ ﺍﻟﻤﻤﻠﻮﻛﻮﻥ ﻓﺎﺧﺘﻠﻒ ﺃﺻﺤﺎﺑﻨﺎ ﻓﻲ ﻋﻮﺭﺗﻬﺎ ﻣﻌﻬﻢ ﻋﻠﻰ ﺛﻼﺛﺔ ﻣﺬﺍﻫﺐ :

ﺃﺣﺪﻫﺎ
: ﺍﻟﻌﻮﺭﺓ ﺍﻟﻜﺒﺮﻯ ﻛﺎﻷﺟﺎﻧﺐ ﻭﺑﻪ ﻗﺎﻝ ﺃﺑﻮ ﺇﺳﺤﺎﻕ ﺍﻟﻤﺮﻭﺯﻱ ، ﻭﺃﺑﻮ ﺳﻌﻴﺪ ﺍﻹﺻﻄﺨﺮﻱ
ﻟﻘﻮﻟﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ : ﻟﻴﺴﺘﺄﺫﻧﻜﻢ ﺍﻟﺬﻳﻦ ﻣﻠﻜﺖ ﺃﻳﻤﺎﻧﻜﻢ. ﺍﻟﻨﻮﺭ : 58

ﻭﺍﻟﺜﺎﻧﻲ
: ﺍﻟﻌﻮﺭﺓ ﺍﻟﺼﻐﺮﻯ ﻛﺬﻱ ﺍﻟﺮﺣﻢ ﻭﺑﻪ ﻗﺎﻝ ﺃﺑﻮ ﻋﻠﻲ ﺑﻦ ﺃﺑﻲ ﻫﺮﻳﺮﺓ ، ﻭﻗﺪ ﺣﻜﻲ ﻧﺤﻮﻩ
ﻋﻦ ﺃﺑﻲ ﺍﻟﻌﺒﺎﺱ ﻟﻘﻮﻟﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ : ﻣﺎ ﻣﻠﻜﺖ ﺃﻳﻤﺎﻧﻬﻦ. ﺍﻟﻨﻮﺭ : 31

ﻭﺍﻟﺜﺎﻟﺚ
: ﻭﻫﻮ ﺗﻘﺮﻳﺐ ﺃﻧﻬﺎ ﺗﺒﺮﺯ ﺇﻟﻴﻬﻢ ﻭﻫﻲ ﻓﻀﻞ ﺑﺎﺭﺯﺓ ﺍﻟﺬﺭﺍﻋﻴﻦ ﻭﺍﻟﺴﺎﻗﻴﻦ ، ﻟﻜﻦ ﻟﻢ
ﻳﺨﺘﻠﻒ ﺃﺻﺤﺎﺑﻨﺎ ﺃﻧﻪ ﻻ ﻳﻠﺰﻣﻬﻢ ﺍﻻﺳﺘﺌﺬﺍﻥ ﺇﻻ ﻓﻲ ﻭﻗﺖ ﻣﺨﺼﻮﺹ ﺑﺨﻼﻑ ﺍﻟﺤﺮ ، ﻓﺄﻣﺎ
ﻋﺒﺪﻫﺎ ﺍﻟﺬﻱ ﻧﺼﻔﻪ ﺣﺮ ﻭﻧﺼﻔﻪ ﻣﻤﻠﻮﻙ ﻓﻌﻠﻴﻬﺎ ﺱﺗﺮ ﻋﻮﺭﺗﻬﺎ ﺍﻟﻜﺒﺮﻯ ﻣﻨﻪ ﻻ ﻳﺨﺘﻠﻒ
ﺃﺻﺤﺎﺑﻨﺎ ﻓﻴﻪ

ﻭﺍﻟﺼﻨﻒ ﺍﻟﺜﺎﻧﻲ : ﺍﻟﺸﻴﻮﺥ ﺍﻟﻤﺴﻨﻮﻥ ﺍﻟﺬﻳﻦ ﻗﺪ ﻋﺪﻣﻮﺍ ﺍﻟﺸﻬﻮﺓ ﻭﻓﺎﺭﻗﻮﺍ ﺍﻟﻠﺬﺓ ﻓﻔﻲ ﻋﻮﺭﺗﻬﺎ ﻣﻌﻬﻢ ﻭﺟﻬﺎﻥ :

ﺃﺣﺪﻫﻤﺎ : ﺍﻟﻜﺒﺮﻯ ﻛﺎﻟﺮﺟﺎﻝ ﺍﻷﺟﺎﻧﺐ

ﻭﺍﻟﺜﺎﻧﻲ : ﺍﻟﺼﻐﺮﻯ ﻛﺎﻟﺼﺒﻴﺎﻥ

ﻭﺍﻟﺼﻨﻒ ﺍﻟﺜﺎﻟﺚ : ﺍﻟﻤﺠﺒﻮﺑﻮﻥ ﺩﻭﻥ ﺍﻟﻤﺨﺼﻴﻴﻦ ﻓﻔﻲ ﻋﻮﺭﺗﻬﺎ ﻣﻌﻬﻢ ﻭﺟﻬﺎﻥ :

ﺃﺣﺪﻫﻤﺎ : ﺍﻟﻜﺒﺮﻯ ﻛﻐﻴﺮﻫﻢ ﻣﻦ ﺍﻟﺮﺟﺎﻝ

ﻭﺍﻟﺜﺎﻧﻲ : ﺍﻟﺼﻐﺮﻯ ﻛﺎﻟﺼﺒﻴﺎﻥ ﻟﻘﻮﻟﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ : ﻏﻴﺮ ﺃﻭﻟﻲ ﺍﻹﺭﺑﺔ ﻣﻦ ﺍﻟﺮﺟﺎﻝ

ﻓﺄﻣﺎ ﺍﻟﻌﻨﻴﻦ ﻭﺍﻟﻤﺄﻳﻮﺱ ﻣﻦ ﺟﻤﺎﻋﺔ ﻛﺎﻟﺨﺼﻲ ﻭﺍﻟﻤﺆﻧﺚ ﺍﻟﻤﺘﺸﺒﻪ ﺑﺎﻟﻨﺴﺎﺀ ﻓﻜﻞ ﻫﺆﻻﺀ ﻛﻐﻴﺮﻫﻢ ﻣﻦ ﺍﻟﺮﺟﺎﻝ ﻓﻲ ﺣﻜﻢ ﺍﻟﻌﻮﺭﺓ ﻣﻨﻬﻢ ﻭﻟﻬﻢ

link dokumen :

 https://www.facebook.com/groups/kasarung/doc/615832525108156/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar