Jumat, 01 Maret 2013

578 : KAJIAN HUDA ( KAUM SHALIHIN BERMIMPI MELIHAT IMAM NAWAWI SEBAGAI WALI QUTHUB )

oleh : Ubaid Bin Aziz Hasanan


angsal ngopi teng mriki geh? hehe

bismillah

وَذَكَرَ تِلْمِيذُهُ الْإِمَامُ ابْنُ الْعَطَّارِ أَنَّ بَعْضَ الصَّالِحِينَ رَأَى أَنَّهُ قُطْبٌ، وَأَنَّ الشَّيْخَ كَاشَفَهُ بِذَلِكَ وَاسْتَكْتَمَهُ وَكَشَفَ لِبَعْضِ الصَّالِحِينَ عَنْهُ بَعْدَ مَوْتِهِ أَنَّهُ وَقَعَ لَهُ حَظٌّ وَافِرٌ مِنْ تَجَلِّي اللَّهِ عَلَيْهِ بِرِضَاهُ وَعَطْفِهِ فَسَأَلَ اللَّهَ عَوْدَ بَعْضِهِ عَلَى كُتُبِهِ فَعَادَ فَعَمَّ النَّفْعُ بِهَا شَرْقًا وَغَرْبًا لِلشَّافِعِيَّةِ وَغَيْرِهِمْ كَمَا هُوَ مُشَاهَدٌ
muridnya imam nawawi yaitu imam ibn al atthor menuturkan bahwa sebagian kaum shalihin bermimpi melihat imam nawawi itu adalah wali quthub dan allah mengabarkan bahwa imam nawawi itu wali quthub dan imam nawawi meminta pada sebagian kaum shalihin supaya merahasiakannya dan allah membuka hijab sebagian kaum shalihin bahwa imam nawawi sesudah matinya mendapatkan bagian (kedudukan) yg sempurna dari tajallinya allah padanya dan ridha dan sayangnya allah padanya
maka (disaat)itu imam nawawi meminta pada allah supaya allah mengembalikannya sesaat untuk kembali mengarang kitab-kitabnya dari itu meratalah kemanfaatan kitab-kitabnya dari arah timur dan barat bagi kalangan madzhab syafi'iyyah dan selainnya seperti haalnya kenyataannya (yg terjadi
الكتاب: تحفة المحتاج في شرح المنهاج 1/37
المؤلف: أحمد بن محمد بن علي بن حجر الهيتمي



Mbah Pardan Milanistie

jare antara Imam Nawawi kaleh Imam Rofi'i apa bila bebeza pendapat dari kedunya maka yang di unggulkan pendapatnya Imam Nawawi padahal umure sek sepuh Imam Rofi'i dan konon alasan mengapa pendapat Imam Nawawi yang di rojihkan karna Imam Nawawi sudah mencapai pada tingkatan Wali Qutub..
bener gak Gus Ub...




Ubaid Bin Aziz Hasanan

Mbah Pardan Milanistie jare antara Imam Nawawi kaleh Imam Rofi'i apa bila bebeza pendapat dari kedunya maka yang di unggulkan pendapatnya Imam Nawawi padahal umure sek sepuh Imam Rofi'i dan konon alasan mengapa pendapat Imam Nawawi yang di rojihkan karna Imam Nawawi sudah mencapai pada tingkatan Wali Qutub..
bener gak Gus Ub...
===
secara batiniyah itu masih unggul imam nawawi di banding imam rofi'i seperti penjelasan habib lutfi bin yahya pekalongan ,

kalo secara ilmu dzhohiriyah dibaca lagi kitabnya bahwa masih unggul imam nawawi



tambahan >>>

Kudung Khantil Harsandi Muhammad>>>

Perbedaan Mu'tamad dan Ghoiru Mu'tamad sebenarnya tipis sekali. Tentang apa? Apakah dasar ilmunya? Tidak. Tapi MAQOM BATHINIYAH dengan DHOHIRIYAHnya itu yang kurang Mu'tamad, dan kurang imbang. Tapi orang-orang yang sudah bisa diambil Qoulnya, ROJIH atau MU'TAMAD, karena MAQOM BATHINIYAHnya sudah sempurna. Seperti zaman imam Nawawi dengan imam Rofii. Imam Rofii itu lebih tua dibandingkan imam Nawawi, tapi mengapa Qoulnya imam Nawawi itu lebih Mu'tamad atau lebih Rojih, karena imam Nawawi MAQOM BATHINIYAHnya lebih tinggi dari MAQOM DHOHIR. Kalau MAQOM DHOHIR imam Rofii bisa mengejar, bisa sejajaran dengan imam Nawawi, tapi MAQOM BATHINIYAHnya tidak. Laa MAQOM BATHINIYAH dimana letak perbedaannya. Imam Nawawi tepat umur 39 tahun sudah menjabat WALI QUTHBIL AQTHOB pimpinan para AULIYA', sedangkan imam Rofii tidak. Imam Nawawi menjabat WALI AQTHOB sampai 3 tahun 4 bulan. Beliau meninggal umur 42 tahun 4 bulan.
=======
Dawuhe HABIB Pekalongan

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar