Rabu, 27 Maret 2013

635 : PENJELASAN HADITS TENTANG PERNIKAHAN JANDA

 PERTANYAAN

Umie Irfan

" Assalamu'alaikum...Wr Wb;

Rosulullah saw, Bersabda ;
" Seorang Janda tidak boleh dinikahkan sebelum dimintai Pertimbangannya ( Musyawarah ) Dan seorang gadis tidak boleh dinikahkan sebelum dimintai Persetujuannya." ( HR. Bukhari dan Muslim )
Mhon Para Yaii dan Ustadz...Memmberikan Pnjlsan...Makna dan Isi yg Terkandung dlm Hadis Diatas....Trima kasiih...
Bagi para Shabat2 HUDA Smuaa....Ditunggu Sharingny....Matur Suwun...Monggo...."


JAWABAN

Uponk Sgr Ulilalbab

wa'alaikum salam

===== penjelasan hadist ....... bahwa seorang janda mempunyai hak untuk menerima pernikahan atau menolaknya. dam wali tdk bisa memaksakan pernikahan terhadap wanita janda. ----- sedangkan pada anak perawan. minurut imam Syafi;i di anjurkan atau di sunahkan meminta ijin pada anak perawannya. penjelasan ini apabila walinya bapak atau kakeknya. apa bila walinya bukan bapaknya atau kakeknya maka harus minta ijin pada wanita perawan tersebut.



hadist tersebut ini.....(1419) حدثني عبيد الله بن عمر بن ميسرة القواريري، حدثنا خالد بن الحارث، حدثنا هشام، عن يحيى بن أبي كثير، حدثنا أبو سلمة، حدثنا أبو هريرة، أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال: «لا تنكح الأيم حتى تستأمر، ولا تنكح البكر حتى تستأذن»، قالوا: يا رسول الله، وكيف إذنها؟ قال: «أن تسكت»،
__________

[شرح محمد فؤاد عبد الباقي]
[ ش (لا تنكح الأيم) قال العلماء الأيم هنا الثيب (حتى تستأمر) أي تستشار]
شرح مسلم ~ 9 / 202


dalam hadist yg semisal tadi dalam riwayat lain..... قوله صلى الله عليه وسلم (لا تنكح الأيم حتى تستأمر ولا تنكح البكر حتى تستأذن قالوا يا رسول الله وكيف إذنها قال أن تسكت) وفي رواية الأيم أحق بنفسها من وليها والبكر تستأذن في نفسها وإذنها صماتها وفي رواية الثيب أحق بنفسها من وليها والبكر تستأمر وإذنها سكوتها وفي رواية والبكر يستأذنها أبوها في نفسها وإذنها صماتها

واعلم أن لفظة أحق هنا للمشاركة معناه أن لها في نفسها في النكاح حقا ولوليها حقا وحقها أوكد من حقه فإنه لو أراد تزويجها كفؤا وامتنعت لم تجبر ولو أرادت أن تتزوج كفؤا فامتنع الولي أجبر فإن أصر زوجها القاضي فدل على تأكيد حقها ورجحانه وأما قوله صلى الله عليه وسلم في البكر ولا تنكح البكر حتى تستأمر فاختلفوا في معناه فقال الشافعي وبن ابي ليلى وأحمد واسحق وغيرهم الاستئذان في البكر مأمور به فإن كان الولي أبا أو جدا كان الاستئذان مندوبا إليه ولو زوجها بغير استئذانها صح لكمال شفقته وإن كان غيرهما من الأولياء وجب الاستئذان ولم يصح إنكاحها قبله ~ شرح مسلم ~ 9 / 204


kesimpulannya;
bila wanita janda. maka wali harus minta izin. apa bila si janda menolak maka wali tdk boleh memasakanya.
bila wanita perawan. dan walinya bapak atau kakeknya maka wali sunah minta izin. apa bila tidak minta izinpun pernikahan sah.
bila wanita perawan tetapi walinya bukan bapaknya atau kakeknya seperti pamannya maka harus minta izin. apa bila si perawan tidak mengijinkannya maka pernikahan tidak sah,

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar