Kamis, 21 Maret 2013

626 : YANG DI MAKSUD PENJAGA JIWA DI SURAT AT - THAARIQ AYAT 4

PERTANYAAN

Umie Irfan


" Assalamu'alaikum Wr Wb....Sugeng Ndalu Sderek HUDA...para Ustadz....lan para Yaii....
Saya mau cba mnanyakan....pnjlsan dr QS : Ath Thaariq Ayat 4....yg Mnerangkan ttang...." Tidak ada suatu Jiwapun Melainkan ada Penjagany...."
Yang mau sy Tanyakan....Kira2 Siapakah Penjaga dri Jiwa trsbut....
Mhon Sharing ....dan Penjelasan dr para Ustadz dan para Yaii di HUDA....
Mhon Jawabannya....Monggo....."


JAWABAN

Mbah Pardan Milanistie

Wa'alaikum salam nderek urun ..

Walkhafidzu minal Malaikati yakhfadzu 'amaluha min khoirin wa sarrin
Dan penjaga itu dari para Malaikat yang menjaga amal setiap jiwa baik dari amal baik maupun amal jelek.
Tafsir Jalalain Juz 2
Hal 497

Waqoulu Ta'ala ( in kullu nafsin 'alaiha khafidz) ae kullu nafsin 'alaiha minallohi khafidzun yahrisuha minal aafati kama Qola Ta'ala ( lahu mu'aqibatun min baini yadaihi wamin kholfihi yakhfadzunahu min amrillahi)
Tafsir Ibnu Katsir juz 4 hal 496




Dwi Handoko

Wa'alaikumsalam.....

Imam Bukhori dan Muslim meriwayatkan hadits dari Abu Hurairoh bahwa Rasulullah saw bersabda,"Didalam diri kalian terdapat malaikat malam dan malaikat siang yang saling bergantian. Mereka bertemu disaat shalat shubuh dan shalat isya lalu malaikat yang bermalam didalam dirimu naik keatas. Mereka pun ditanya Allah swt dan DiaYang Maha Mengetahui tentang mereka,"Bagaimana keadaan hamba-Ku saat kamu tinggalkan?" Mereka menjawab,"Kami tinggalkan mereka dalam keadaan shalat dan kami datangi mereka juga dalam keadaan shalat.

Diterangkan pula dlm surat Ar ro'du:11

لَهُ مُعَقِّبَاتٌ مِّن بَيْنِ يَدَيْهِ وَمِنْ خَلْفِهِ يَحْفَظُونَهُ مِنْ أَمْرِ اللّهِ إِنَّ اللّهَ لاَ يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتَّى يُغَيِّرُواْ مَا بِأَنْفُسِهِمْ وَإِذَا أَرَادَ اللّهُ بِقَوْمٍ سُوءًا فَلاَ مَرَدَّ لَهُ وَمَا لَهُم مِّن دُونِهِ مِن وَالٍ

Artinya : "Bagi manusia ada malaikat-malaikat yang selalu mengikutinya bergiliran, di muka dan di belakangnya, mereka menjaganya atas perintah Allah. Sesungguhnya Allah tidak merobah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka merobah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri. dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap sesuatu kaum, Maka tak ada yang dapat menolaknya; dan sekali-kali tak ada pelindung bagi mereka selain Dia." (QS. Ar ro'du : 11)





Brojol Gemblung

Wa'alaikumussalam

ﺟﺎﻣﻊ ﺍﻟﺒﻴﺎﻥ - ﺇﺑﻦ ﺟﺮﻳﺮ ﺍﻟﻄﺒﺮﻱ - ﺝ ٣٠ - ﺍﻟﺼﻔﺤﺔ ١٧٩

28584 - ﺣﺪﺛﻨﻲ ﻣﺤﻤﺪ ﺑﻦ ﺳﻌﺪ، ﻗﺎﻝ: ﺛﻨﻲ ﺃﺑﻲ، ﻗﺎﻝ: ﺛﻨﻲ ﻋﻤﻲ، ﻗﺎﻝ: ﺛﻨﻲ ﺃﺑﻲ، ﻋﻦ ﺃﺑﻴﻪ، ﻋﻦ ﺍﺑﻦ ﻋﺒﺎﺱ، ﻗﻮﻟﻪ: ﺇﻥ ﻛﻞ ﻧﻔﺲ ﻟﻤﺎ ﻋﻠﻴﻬﺎ ﺣﺎﻓﻆ ﻗﺎﻝ: ﻛﻞ ﻧﻔﺲ ﻋﻠﻴﻬﺎ ﺣﻔﻈﺔ ﻣﻦ ﺍﻟﻤﻼﺋﻜﺔ.

Telah bercerita padaku Muhammad bin Sa'ad berkata : Telah bercerita padaku Bapakku dari Bapaknya dari Ibni 'Abbas mengenai firman Allah : "Sesungguhnya atas setiap jiwa itu terdapat penjaga", dia berkata : Sungguh pada setiap jiwa ada penjaga dari golongan malaikat

28585 - ﺣﺪﺛﻨﺎ ﺑﺸﺮ، ﻗﺎﻝ: ﺛﻨﺎ ﻳﺰﻳﺪ، ﻗﺎﻝ: ﺛﻨﺎ ﺳﻌﻴﺪ، ﻋﻦ ﻗﺘﺎﺩﺓ، ﻗﻮﻟﻪ: ﺇﻥ ﻛﻞ ﻧﻔﺲ ﻟﻤﺎ ﻋﻠﻴﻬﺎ ﺣﺎﻓﻆ: ﺣﻔﻈﺔ ﻳﺤﻔﻈﻮﻥ ﻋﻤﻠﻚ ﻭﺭﺯﻗﻚ ﻭﺃﺟﻠﻚ ﺇﺫﺍ ﺗﻮﻓﻴﺘﻪ ﻳﺎﺑﻦ ﺁﺩﻡ ﻗﺒﻀﺖ ﺇﻟﻰ ﺭﺑﻚ.

Telah bercerita pada kami Basyar, berkata : Telah bercerita pada kami Yazid, berkata : Telah bercerita pada kami Sa'id dari Qatadah mengenai firman Allah : "Sesungguhnya atas setiap jiwa itu terdapat penjaga" : yaitu penjaga yg menjaga amalmu, rezekimu, dan ajalmu, ketika dia telah menyempurnakannya (lantas berkata) ; wahai anak Adam, Saya serahkan kepada Tuhanmu

= Mengenai nama penjaga tersebut, ulama hanya memberikan istilah dg sebutan Hafazdah, Haafizd, Hashin (arti ketiganya : Si Penjaga), hampir semua tafsir saya check demikian adanya


ﺍﻟﺪﺭ ﺍﻟﻤﻨﺜﻮﺭ - ﺟﻼﻝ ﺍﻟﺪﻳﻦ ﺍﻟﺴﻴﻮﻃﻲ - ﺝ - ٦ ﺍﻟﺼﻔﺤﺔ ٣٣٦

ﻭﺃﺧﺮﺝ ﻋﺒﺪ ﺍﻟﺮﺯﺍﻕ ﻭﻋﺒﺪ ﺑﻦ ﺣﻤﻴﺪ ﻭﺍﺑﻦ ﺍﻟﻤﻨﺬﺭ ﻋﻦ ﻗﺘﺎﺩﺓ ﻭﺍﻟﺴﻤﺎﺀ ﻭﺍﻟﻄﺎﺭﻕ ﻗﺎﻝ ﻫﻮ ﻇﻬﻮﺭ ﺍﻟﻨﺠﻢ ﺑﺎﻟﻠﻴﻞ ﻳﻘﻮﻝ ﻳﻄﺮﻗﻚ ﺑﺎﻟﻠﻴﻞ ﺍﻟﻨﺠﻢ ﺍﻟﺜﺎﻗﺐ ﻗﺎﻝ ﺍﻟﻤﻀﺊ ﺍﻥ ﻛﻞ ﻧﻔﺲ ﻟﻤﺎ ﻋﻠﻴﻬﺎ ﺣﺎﻓﻆ ﻗﺎﻝ ﻣﺎ ﻛﺎﻥ ﻧﻔﺲ ﺍﻻ ﻋﻠﻴﻬﺎ ﺣﺎﻓﻆ ﻗﺎﻝ ﻭﻫﻢ ﺣﻔﻈﺔ ﻳﺤﻔﻈﻮﻥ ﻋﻤﻠﻚ ﻭﺭﺯﻗﻚ ﻭﺃﺟﻠﻚ ﻓﺈﺫﺍ ﺗﻮﻓﻴﺘﻪ ﻳﺎ ﺍﺑﻦ ﺁﺩﻡ ﻗﺒﻀﺖ ﺇﻟﻰ ﺭﺑﻚ

ﺗﻔﺴﻴﺮ ﺍﻟﺜﻌﻠﺒﻲ - ﺍﻟﺜﻌﻠﺒﻲ - ﺝ - ١٠ ﺍﻟﺼﻔﺤﺔ ١٧٩

ﻗﺎﻝ ﺍﺑﻦ ﻋﺒﺎﺱ: ﻫﻢ ﺍﻟﺤﻔﻈﺔ ﻣﻦ ﺍﻟﻤﻼﺋﻜﺔ، ﻭﻗﺎﻝ ﻗﺘﺎﺩﺓ: ﻫﻢ ﺣﻔﻈﺔ ﻳﺤﻔﻈﻮﻥ ﻋﻤﻠﻚ ﻭﺭﺯﻗﻚ ﻭﺃﺟﻠﻚ ﺇﺫﺍ ﺗﻮﻓﻴﺘﻪ ﻳﺎ ﺍﺑﻦ ﺁﺩﻡ ﻗﺒﻀﺖ ﺇﻟﻰ ﺭﺑﻚ، ﻭﻗﺎﻝ ﺍﻟﻜﻠﺒﻲ "ﻭﺣﺼﻴﻦ ": ﺣﺎﻓﻆ ﻣﻦ ﺍﻟﻠﻪ ﻳﺤﻔﻆ ﻗﻮﻟﻬﺎ ﻭﻓﻌﻠﻬﺎ ﻭﻳﺤﻔﻆ ﺣﺘﻰ ﻳﺪﻓﻌﻬﺎ ﻭﻳﺴﻠﻤﻬﺎ ﺇﻟﻰ ﺍﻟﻤﻘﺎﺩﻳﺮ ﺛﻢ ﺗﺨﻠﻰ ﻋﻨﻬﺎ.

ﺃﺧﺒﺮﻧﻲ ﺍﺑﻦ ﻓﻨﺠﻮﻳﻪ ﻗﺎﻝ: ﺣﺪﺛﻨﺎ ﻋﻤﺮ ﺑﻦ ﺍﻟﺤﻄﺎﺏ ﻗﺎﻝ: ﺣﺪﺛﻨﺎ ﻋﺒﺪ ﺍﻟﻠﻪ ﺑﻦ ﺍﻟﻔﻀﻞ ﻗﺎﻝ: ﺣﺪﺛﻨﺎ ﺳﻠﻤﺔ ﺑﻦ ﺷﺒﻴﺐ ﻗﺎﻝ: ﺣﺪﺛﻨﺎ ﻳﺤﻴﻰ ﺑﻦ ﺻﺎﻟﺢ ﻗﺎﻝ: ﺣﺪﺛﻨﺎ ﻋﻤﺮ ﺑﻦ ﻣﻌﺪﺍﻥ ﻋﻦ ﺳﻠﻢ ﺑﻦ ﻋﺎﻣﺮ ﻋﻦ ﺃﺑﻲ ﺃﻣﺎﻣﺔ ﻗﺎﻝ: ﻗﺎﻝ ﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ :ﻭﻛﻞ ﺑﺎﻟﻤﺆﻣﻦ ﺳﺘﻮﻥ ﻭﻣﺎﺋﺔ ﻣﻠﻚ ﻳﺬﺑﻮﻥ ﻋﻨﻪ ﻣﺎﻟﻢ ﻳﻘﺪﺭ ﻋﻠﻴﻪ ﻣﻦ ﺫﻟﻚ ﻟﻠﺒﺼﺮ ﺳﺒﻌﺔ ﺃﻣﻼﻙ ﻳﺬﺑﻮﻥ ﻋﻨﻪ ﻛﻤﺎ ﻳﺬﺏ ﻋﻦ ﻗﺼﻌﺔ ﺍﻟﻌﺴﻞ ﺍﻟﺬﺑﺎﺏ ﻓﻲ ﺍﻟﻴﻮﻡ ﺍﻟﺼﺎﺋﻒ ﻭﻣﺎﻟﻮ ﺑﺪﺍ ﻟﻜﻢ ﻟﺮﺃﻳﺘﻤﻮﻧﻪ ﻋﻠﻰ ﺟﺒﻞ ﻭﺳﻬﻞ ﻛﻠﻬﻢ ﺑﺎﺳﻂ ﻳﺪﻳﻪ ﻓﺎﻏﺮﻓﺎﻩ ﻭﻣﺎ ﻟﻮ ﻭﻛﻞ ﺍﻟﻌﺒﺪ ﺇﻟﻰ ﻧﻔﺴﻪ ﻃﺮﻗﻪ ﻋﻴﻦ ﻻﺧﺘﻄﻔﺘﻪ ﺍﻟﺸﻴﺎﻃﻴﻦ


LINK DISKUSI ;

http://www.facebook.com/groups/kasarung/566200683404674/?comment_id=566529653371777&notif_t=group_comment_reply

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar