Senin, 08 Juli 2013

989 : TIDAK BOLEHNYA BERPUASA BERDASARKAN HISAB MENURUT ULAMA MADZAB

PERTANYAAN

Nunu Nurul Qomariyah

assalamu'alaikum

tolong jawabannya dengan segera pertanyaan titipan aku punya masalah....

saya dapat tugas imam trawih di masjidnya muhammadiyah tapi saya dari dulu puasa ikut pemerintah......

apakah saya harus berpuasa bersamaan dengan warga muhammadiyah...??

wajib kah???.. tolong pencerahannya.....

JAWABAN

Sunde Pati

 wa'alaikum salam

wajib ikut pemerintahdan gak boleh puasa dengan hasil hisab

saya ambilkan keterangan dari saudaraku

Timur Lenk

TIDAK BOLEHNYA BERPUASA BERDASARKAN HISAB MENURUT ULAMA MADZHAB


روى ابن عمر رضي الله عنهما أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال " جعل الله الأهلة مواقيت للناس فصوموالرؤيته، وأفطروا لرؤيته، فإن غم عليكم فعدوا ثلاثين يوما ".وفي روايـة "فصُومُوا لرؤيته وأَفْطِرُوا لرؤيته فإنْ أُغْمِيَ عليكم فاقدُرُوا لهُ ثلاثين " اهـ.

Telah meriwayatkan Ibnu Umar ra, bahwa sesungguhnya Rosulullah telah bersabda: "Dijadikan nya hilal-hilal sebagai waktu bagi manusia, maka berpuasalah kalian karna melihatnya dan berbukalah kalian karna melihatnya, jika kalian terhalangi (mendung) maka gunakanlah/hitunglah 30 hari".

Dalam satu riwayat: "Maka berpuasalah kalian karna melihatnya dan berbukalah karna melihatnya, jika kalian terhalangi (mendung) maka perkirakanlah (bulan) 30 hari".

وَقَالَ ابْنُ دَقِيقٍ الْعِيدُ الْحِسَابُ لَا يَجُوزُ الِاعْتِمَادُ عَلَيْهِ فِي الصِّيَامِ ا هـ وَالِاحْتِمَالَاتُ الَّتِي ذَكَرَهَا السُّبْكِيُّ بِقَوْلِهِ وَلِأَنَّ الشَّاهِدَ قَدْ يَشْتَبِهُ عَلَيْهِ إلَخْ لَا أَثَرَ لَهَا شَرْعًا لِإِمْكَانِ وُجُودِهَا فِي غَيْرِهَا مِنْ
الشَّهَادَاتِ

Ibnu Daqiq al-'id berkata : Tidak boleh berpegang dengan hisab pada
masalah puasa.

1. Dalam Madzhab Syafi'iyyah tidak wajib dan tidak boleh berpuasa berdasarkan hisab

في كتاب أسنى المطالب شرح روض الطالب للشيخ زكريا الأنصاري المتوفى سنة 925 هـ في مذهب الإمام الشافعي ج1/410 (المكتبة الإسلامية) ما نصه: ولا عبرة بالمنجم (أي بقوله) فلا يجب به الصوم ولا يـجوز والمـراد بآية: [وَبِالنَّجْمِ هُمْ يَهْتَدُونَ] [النحل: 16] الاهتداء في أدلة القبلة وفي السفر اهـ

Dalam kitab Asna al-matholib Syarah Roudloh at-Tholib karya Syaikh Zakaria Al-Anshoriy (wafat tahun 925 H) disebutkan :

Dan tidak dihitung orang ahli perbintangan (yakni ucapannya) maka tidaklah wajib dan tidak boleh berpuasa berdasarkan ucapannya , adapun yang dimaksud "Dan dengan bintang mereka mendapatkan petunjuk" (ayat 16 surat An-Nahl) adalah mendapat kebenaran dalam masalah petunjuk arah kiblat dan arah perjalanan.

وفي فتاوى الرملي في المذهب الشافعي:" إن الشارع لم يعتمد الحساب بل ألغاه بالكلية بقوله " نحن أمة أمية لا نكتب ولا نحسب، الشهر هكذا وهكذا " " اهـ.Dalam kitab Fatawi Imam Romli (Syafi'iyah):Sesungguhnya Syari' (Rosulullah sholla Allahu 'alaihi wa sallam) tidak menganggap hisab, bahkan mengesampingkannya sama sekali dengan Sabdanya:

"Kami adalah umat yg ummy, kami tidak menulis dan menghisab (menghitung) , (umur) bulan itu begini dan begini (29 hari dan 30 hari)Minhaj al-qowim Ibnu Hajar al-Haitamiy

ولا يجوز العمل بقول المنجم والحاسب لكن لهما العمل باعتقادهما، ولكن لا يجزئهما صومهما عن فرضهما، وبحث الأذرعي الاكتفاء برؤية القناديل المعلقة بالمنائر ليلة أول رمضان، وقياسه الاكتفاء بذلك أيضًا حيث اطردت العادة بتعليقها في البلد المرئية فيها فجر ليلة العيد حيث اعتقد من رآها أن غدًا عيد، ثم رأيت جمعًا بحثوه أيضًا، ولا عبرة بقول من قال أخبرني النبي صلى الله عليه وسلم في النوم أن غدًا من رمضان فلا يجوز بالإجماع العمل بقضية منامه لا في الصوم ولا في غيره

Dan tidak boleh mengamalkan ucapan ahli perbintangan dan ahli hisab , akan tetapi bagi diri keduanya boleh mengamalkan keyakinan mereka berdua , tetapi puasa mereka tidak mencukupinya dari fardlunya , ......................

2. Dalam Madzhab Hanafiyah tidak wajib dan tidak boleh berpuasa berdasarkan hisab

قال الفقيه الحنفي ابن عابدين المتوفى سنة 1252 هـ في حاشيته على الدر المختار وهي من أشهر كتب السادة الحنفية ج3/354 (دار الكتب العلمية) كتاب الصوم: لا عبرة بقول المؤقتين أي في وجوب الصوم على الناس بل في ( المعراج ) لا يُعتبر قولهم بالإجماع ولا يجوز للمنجم أن يعمل بحساب نفسه اهـ.

Al-Faqih Al-Hanafi Ibnu 'Abidin dalam Khasyiyah kitab Ad-Durr Al-Mukhtar pada kitab shoum mengatakan : Tidak dihitung ucapan para pembuat jadwal (Ahli Hisab) yakni dalam masalah wajibnya puasa atas ummat bahkan dalam kitab Al-Mi'roj tidak dihitung ucapan mereka berdasarkan ijma' dan tidak boleh bagi ahli perbintangan (ahli hisab) mengamalkan hasil hisabnya sendiri

3. Dalam Madzhab Maliki tidak wajib dan tidak boleh berpuasa berdasarkan hisab.

في الدر الثمين والمورد المعين للشيخ أبي عبد الله محمد بن أحمد مَيَّارة المالكي المتوفى سنة 1072 هـ (دار الفكر) ص 327 قال ما نصه: (فرع) قال الشهاب القرافي ( المتوفى سنة 684 هـ) عن سند ( المتوفى سنة 541 هـ )ولو كان إمام يرى الحساب فأثبت به الهلال لم يتبع لإجماع السلف على خلافه اهـ.

Dalam kitab Ad-Durr ats-tsamin karya Syaikh Abu 'Abdillah Muhammad bin Ahmad beliau mengatakan : (Cabang) Asy-Syihab Al-Qorofiy (wafat tahun 684 H) dari Imam Sanad (wafat tahun 541 H) Seandainya Imam berpendapat dengan hisab dan menetapkan tanggal satu hijriyah dengannya maka ia tidak boleh diikuti karena ijma'nya ulama' salaf berseberangan dengannya.

وفي كتاب الشرح الكبير للشيخ أحمد الدردير المالكي الأزهري المتوفى سنة 1201هـ ج1/462 في مذهب مالك ما نصه: ولا يثبت رمضان بمنجم أي بقوله في حق غيره ولا في حق نفسه اهـ

Dalam kitab Asy-Syarh al-Kabir Syaikh Ahmad Ad-Dardir Al-Malikiy disebutkan :Tidaklah tetap (awal) bulan Romadlon oleh ahli perbintangan , yakni -ucapan dia- pada hak orang lain maupun hak dirinya

4.Dalam Madzhab Hanbaliy tidak wajib dan tidak boleh berpuasa berdasarkan hisab

قال البُهوتيّ الحنبليّ المتوفى سنة 1051هـ في كشَّاف القناع ج2/ 302 (دار الفكر) ما نصه: وإن نواه أي صوم يوم الثلاثين من شعبان بلا مستند شرعيّ من رؤية هلاله أو إكمال شعبان أو حيلولة غيم أ و قتر ونحوه كأن صامه لحساب ونجوم ولو كثرت إصابتهما أو مع صحو فبان منه لم يجزئه صومه لعدم استناده لما يعوّل عليه شرعًا اهـ....

seperti ia puasa karena hisab dan perbintangan walaupun banyak tepatnya atau disertai terang maka jelas darinya maka puasanya tidak mencukupinya karena tiada sandaran baginya dengan yang dapat dipegang secara syar'i

وفي كتاب المغني في المذهب الحنبلي: "إن بنى على قول المنجمين وأهل الحساب فوافق الصواب لم يصح صومه وإن كثرت إصابتهم لأنه ليس بدليل شرعي يجوز البناء عليه ولا العمل به"اهـ.Dan dalam kitab al-Mughni (Ibnu Qudamah, Hanbaliyah):

Jika hilal didirikan atas pendapat ahli nujum dan ahli hisab maka (kebetulan) menepati kebenaran, maka tidak sah puasanya.

Meskipun banyak tepatnya, karena itu bukan dalil menurut syar'i yg boleh didirikan padanya, dan tidak boleh beramal dengan nya.

https://www.facebook.com/groups/piss.ktb/permalink/615092601846885

link dokumen :

 https://www.facebook.com/groups/kasarung/doc/613688875322521/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar