Minggu, 02 Juni 2013

862 : WAKTU UNTUK MENGQODHO SHOLAT YANG TIDAK TERHITUNG JUMLAHNYA

PERTANYAAN

Bok Cong Bok


Assalamu'alaikum

bagaimanan caranya mengqodhi solat yang tertinggal dan tidak tau jumlah bilangannya ?

dan
terus waktu yg digunakan untuk mernqodoi itu kapn???
Apakah dilaksanakan diwaktu waktu tertentu atau seketika atau pada wktu dimana kita memiliki kelonggaran???


JAWABAN

Nunu Nurul Qomariyah

wa'alaikum salam untuk pertanyaan pertama silahkan buka
http://huda-sarungan.blogspot.com/2012/10/372-cara-mengqodlo-sholat-yang-tidak-di.html


Uponk Sgr Ulilalbab

Hukum mengqodho sholat itu wajib. baik sholat yg tertinggal itu ada sebab uzhur atau tidak.dan di kerjakan sesegera mungkin. ini kesepakatan madzhab tiga ( Abu Hanifah. imam Malik. imam Ahmad )
 ------
Adapun imam Safi'i juga sama pendapatnya yaitu wajib qodho. namun bedanya bila sholat yg di tinggalkan tsbt tanpa uzhur maka wajib qodho sesegera mungkin.dan apabila sholat yg di tinggal ada sebab uzhur maka sholat qodho tidak wajib sesegera.
---- Madzahibul arba'ah 1 / 446--
مباحث قضاء الصلاة الفائتة
حكمه
قضاء الصلاة المفروضة التي فاتت واجب على الفور، سواء فاتت بعذر غير مسقط لها، أو فاتت بغير عذر أصلاً، باتفاق ثلاثة من الأئمة . ولا يجوز تأخير القضاء إلا لعذر، كالسعي لتحصيل الرزق وتحصيل العلم الواجب عليه وجوباً عينياً، وكالأكل والنوم، ولا يرتفع الإثم بمجرد القضاء، بل لا بد من التوبة
-------- sarahnya---
الشافعية قالوا: إن كان التأخير بغير عذر وجب القضاء على الفور، وإن كان بعذر وجب على التراخي: ويستثنى من القسم الأول أمور لا يجب فيها القضاء على الفور: منها تذكر الفائتة وقت خطبة الجمعة، فإنه يجب تأخيرها حتى يصلي الجمعة، ومنها ضيق وقت الحاضرة عن أن يسع الفائتة الت فاتت بغير عذر وركعة من الحاضرة، ففي هذه الحالة يجب عليه تقديم الحاضرة لئلا يخرج وقتها؛ ومنها لو تذكر فائتة بعد شروعه في الصلاة الحاضرة فإنه يتمها، سواء ضاق الوقت أو اتسع
Bok Cong Bok

kang uponk@ yg dimaksud segera itu bagaimana????
Apakah kita melaksanakan shlt itu sebanyak mngkin atau dlm gaulnya diborong biar cepat slesei terus waktu tidak ditentukan......
Atau segera dikerjakan tetapi masalah wktu ditentukan , msl men qodhoi shlt dhhur diwaktu dhuhur dsb
Uponk Sgr Ulilalbab

iya.....sesegera mungkin seampunya . dan waktu tdk wajib di tentukan. boleh siang atau malam,
----- madzahibul arba'ah-- 1 / 447
وإذا فاتته صلاة سرية، كالظهر مثلاً، فإنه يقرأ في قضائها سراً ولو كان القضاء ليلاً، وإذا فاتته جهرية كالمغرب مثلاً، فإنه يقرأ في قضائها جهراً ولو كان القضاء نهاراً، عند الحنفية، والمالكية؛ وخالف الشافعية، والحنابلة،
---- sarah---
الشافعية قالوا: العبرة بوقت القضاء سراً أو جهراً، فمن صلى الظهر قضاء ليلاً جهر، ومن صلى المغرب قضاء نهاراً أسر.
الحنابلة قالوا: إذا كان القضاء نهاراً فإنه يسر مطلقاً، سواء أكانت الصلاة سرية أم جهرية، وسواء أكان إماماً أو منفرداً؛ وإن كان القضاء ليلاً فإنه يجهر في الجهرية إذا كان إماماً لشبه القضاء الأداء في هذه الحالة، أما إذا كانت سرية فإنه يسر مطلقاً، وكذا إذا كانت جهرية وهو يصلي منفرداً فإنه يسر
=== jadi boleh sholat siang untuk malam dan sebaliknya ===== dan cara bacaanya jahr atau sir ..itu tergantung kapan melakukannya siang atau malam.
dan cara mengqodho sholat itu berurutan.... umpama dhuhur, 'asyar. magrib . 'isya dan subuh ----- Mdzb Arba'ah --- 1/447
مراعاة الترتيب في قضاء الفوائت
ينبغي مراعاة الترتيب في قضاء الفوائت بعضها مع بعض، فيقضي الصبح قبل الظهر؛ والظهر قبل قضاء العصر وهكذا؛ كما ينبغي مراعاة الترتيب بين الفوائت والحاضرة، وبين الحاضرتين كالصلاتين المجموعتين في وقت واحد

dan Sholat yg di qhodo' itu harus yakin jumlah bilangannya sehingga semuanya telah di qhodoi semua. ( Imam Syafi'i dan Ahmad ) ----- miturut Imam Malik dan Abu hanifah cukup dgn dhon / dugaan kira2 berapa jumlah sholat yg tertinggal.
---- madzahibul ar ba''ah 1 / 450.
إذا كان على المكلف فوائت لا يدري عددها
من عليه فوائت لا يدري عددها يجب عليه أن يقضي حتى يتيقن براءة ذمته، عند الشافعية، والحنابلة؛ وقال المالكية، والحنفية: يكفي أن يغلب على ظنه براءة ذمته
Farid Muzakki

uponk ....untuk masalah mengkodlok di situ kayaknya ada pentafsilan...

Misal aku punya hutang solat dzuhur dan mau mengkolok waktunya sudah mepet waktu asar mau abis maka tartib itu tdk harus ...

Kalau waktu asar masih banyak/longgar maka harus tartib.

Nopo mboten ngoten hehehe
Uponk Sgr Ulilalbab

jelas itu .....sbb tdk boleh mengalahkan sholat 'ada dan mendahulukan sholat qodho........ bila tdk begitu nanti sholat 'ada' jadi qhodo lagi...... coba lihat ibarah yg pertama...hehehe.
link dokumen :

http://www.facebook.com/groups/kasarung/doc/597686596922749/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar