Jumat, 20 April 2012

059 : FADHILAH SHOLAT

Muhammad Faqih Fadhilah Sholat

Muhammad Faqih>>


‎1.Dari Ibnu Umar ra.berkata,Rosulullah saw.bersabda,"Agama Islam dibangun atas lima perkara:Bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah dan Muhammad adalah utusan Allah,mendirikan sholat,membayar zakat,shoum pada bulan Romamdhon,dan haji ke Baitullah."
HR.Bukhori-Musli
dr Abu Dzar ra.,ssngguhnya Rosulullah saw. prnh kluar dr rumahny ktka musim dngin.Rosulullah mngmbil sbtang ranting pohon,kmudian beliau mngguncang2knnya sehingga brguguran daun2nya.Beliau brsabda,"Wahai Abu Dzar !" Abu Dzar menyahut,"Labbaik ya Rosulullah !" Beliau brsabda,"Sesungguhnya apabila seorang muslim menunaikan sholatnya semata-mata karena Allah,maka dosa-dosanya akan berguguran sebagaimana daun-daun ini gugur dari rantingnya."
HR.Ahmad


Dari Hudzaifah ra.berkata,"Apabila Rosulullah saw.menemui kesulitan maka beliau segera mengerjakan sholat." (Ahmad,Abu Dawud-Durrul Mantsur).

Dr Abu Umamah ra., Rosulullah saw.brsabda,"Barangsiapa berwudhu dg sempurna,membasuh kedua tangannya & mukanya & mengusap kepalanya & kedua telinganya,kemudian dia mendirikan sholat fardhu,maka Allah akan mengampuni dosa-dosanya pada hari itu,dosa yg dilangkahkan oleh kedua kakinya,yg dipegang oleh kedua tangannya,yg didengar oleh kedua telinganya,yg dilihat oleh kedua matanya,& kejahatan yg tersirat dalam hatinya." HR.Ahmad


dr Ibnu Mas'ud ra.,Rosulullah saw.brsbda,"Stiap tba wktu sholat diutuslah seorang pnyeru(malaikat),llu ia brseru:"Wahai anak Adam,brdirilh & padamknlh api yg tlh engkau nyalakn untuk membakar dirimu."Mk orang2pun brdiri & brwudhu kmdian mngrjakn sholat,mk Allah mngmpuni dosa mrka diantara kduanya(dr shubuh hngga dzuhur),bgtu pula jk tiba waktu sholat ashar,maghrib & isya.Ssudah isya orang2pun tidur.Ada sbgian yg mnghabiskn malamnya dg mlakukn kbajikn & ada pula yg mnghabiskn malamnya dg mlakukn kburukn."


Dari Abu Qotadah bin Rib'iy ra.,ia berkata,Rosulullah saw.bersabda,"Allah swt.berfirman,"Sesungguhny a Aku telah mewajibkan kepada umatmu sholat lima waktu,& Aku berjanji dengan diri-Ku bahwa barangsiapa menjaga sholatnya tepat awal waktunya,Aku pasti memasukkannya ke dalam surga dengan jaminan-Ku.& barangsiapa tidak menjaga sholatnya maka tiada jaminan itu baginya." HR.Abu Dawud,Ibnu Majah-Durul Mantsur.


Dari Jabir bin Abdillah ra.berkata,Rosulullah saw.bersabda,"Pembeda antara seseorang dengan kekufuran dan syirik adalah meninggalkan sholat." HR.Abu Dawud & Nasa'i.



Shofiyah Bint Abdullah>>


Shalat dapat menghapus dosa dosa kecil, sebagaimana sebuah hadits menjelaskan:

Rasulullah bersabda:

ارأيتــــم لو ان نهرا ببــــــاب احدكـــــم يغتســـــل منــــه كل يوم خمس مرات هل يبقى مـــــن درنيه شئ؟؟؟؟ قلوا: لا يبقى مــــن درنيه شئ.,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,(lanjutan hadits)

"Bagaimana pendapatmu sekalian, seandainya di depan pintu salah seorang di antara kamu ada sebuah sungai yang di pergunakan untuk mandi setiap hari sebanyak 5 kali, apakah masih ada kotoran yang menempel di badannya??? Para sahabat menjawab: Tidak ada kotoran yang tersisa sedikit pun. Rasulullah menjawab: begitulah perumpamaan shalat lima waktu tersebut,Allah akan menghapus dosa-dosa.(Muttafaqun 'alayh)

Shalatpun dapat mencegah diri dari perbuatan keji dan mungkar,sebagai mana firman Allah Ta'ala dalam surat Al. Ankabut :45),
Shalat dapat menjadikan jiwa yag resah menjadi tenang,,,,dan kebimbangan kan hilang bersama air wudhu.,,,bersamaan dengan jatuhnya dosa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar