Sabtu, 21 April 2012

069 : PENGERTIAN TAKWA

PERTANYAAN

Nunu Nurul Qomariyah 

Assalamu'alaikum. Apa itu yg di sebut TAKWA?   Siap menyimak di bangku paling depan ^_^

JAWABAN

Syifa' Al-Jinan Kholil>>

Orng2 ya takwa adlh orng2 yg menjalan perintah allah yg termaktub dalam al-qur'an, al-hadist, serta kitab2nya salafus sholih. Serta menjauhi semua larangan2 allah. Semata2 lillahi ta'ala. Jaminannya adlh sorga. Sesuai dg firmannya.. Wasiqol ladzinat taqow robbahum ilal jannati zumaro. Hatta idza jaa'uu haa, wafutihat abwabuha, waqola lahum khozanatuha salamun alaikum tibtum fadkhuluuha kholidin

.Arifin Ayuning Buana>>

Meyakini dan Menjalankan segala yang ada / yang akan ada pada diri pribadi yang telah menjadi ketentuan / yang telah digariskan oleh Alloh swt. dengan benar sebenarnya , itulah yang disebut Bertaqwa kepada Alloh swt.


Nunu Nurul Qomariyah>>

Proses keagamaan kita sebenarnya menapaki 3 tingkatan kualitas.
1. Tingkatan pertama adalah Beriman (keyakinan).
2. Tingkatan kedua Bertakwa ( amalan).
3. Tingkatan ketiga adalah berislam ( berserah diri).

Hal ini di firmankan Allah dalam ayat berikut : Hai orang2 beriman,bertakwalah kepada Allah sebenar- benar takwa kepada- Nya, dan janganlah sekali - kali kamu mati melainkan dalam keadaan beragama islam ( berserah diri). ( QS. Ali Imran : 102)

Tingkat beriman adalah tingkatan terendah dalam proses keagamaan. Tingkatan ini menggambarkan sebuah proses pencarian, di lanjutkan dengan pemahaman, kemudian di akhiri dengan keyakinan.

Tingkatan yg kedua adalah bertakwa. Inilah tingkatan aplikasi alias amalan. Keyakinan yg telah di peroleh perlu di terapkan dalam kehidupan sehari- hari. Bukan hal mudah untk menjalankan keyakinan kita secra istiqomah atau konsisten, itulah yg di maksud dengan kalimat ittaqullaaha haqqatuqaatihi- bertakwalah kepada Allah dengan sebenar- benarnya takwa.penggalan QS. Ali imran : 102.

Tingkatan yg ketiga adalah Aslam alias berserah diri, inilah buah dari perjuangan yg sangat panjang istiqomah - konsisten. Orang - orang yg dapat dengan mudah dan penuh keikhlasan menjalankan dan menjalani agamanya. Orang - orang ya matinya dalam keadaan muthmainnah. Sebgaimana di gambrkan ayat ini : Hai jiwa yang tenang. Kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang puas lagi di ridhai - Nya. Maka masukklah ke dalam jama'ah hamba- hamba Ku, dan masuklah kedalam surgak Ku. Qs. Al Fajr ; 27 - 30.

Aji Kelana Jagat 


Allah subhanahu wata'ala berfirman:,  بَلَى مَنْ أَسْلَمَ وَجْهَهُ لِلّهِ وَهُوَ مُحْسِنٌ فَلَهُ أَجْرُهُ عِندَ رَبِّهِ وَلاَ خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلاَ هُمْ يَحْزَنُونَ   “(Tidak demikian) bahkan barangsiapa yang menyerahkan diri kepada Allah, sedang ia berbuat kebajikan, maka baginya pahala pada sisi Tuhannya dan tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati”. (QS. Al-Baqarah: 112)

Abah Than-than>>

Taqwa > Taqo artinya ,benteng .

para ulama meng istilahkan ,IMTISALUL AWAMIR WAJ-TINABU NAWAHI,> Melaksanakan perintah Alloh dan menjauhi larangan-Nya.

Dari Nabi saw , Sayyidina Ali Kwh mengatakan, "Bi taqwaa Tuqtho-u hamatu'l khothoya > Dg taqwa terputuslah keburukan dan dosa.

Bitaqwa taz-kul A'maalu> Dg taqwa tersucikan seluruh amal.Man Atho'alloh istanshoro> Barangsiapa taat kpd Alloh, DIA akan menolongnya.

man athoalloh subhanahuwata'ala waqowiya > Barangsiapa taat kpd Alloh, Dia akan memberi kekuatan.jd ada ketaatan yg menimbulkan kesombongan atau kebanggaan. Maka dg taqwa akan terbentengi dr kepentingan pribadinya. dg taqwa tersucikan baik niat dan amalnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar