Sabtu, 21 April 2012

076 : DEFINISI KHUSYUK

PERTANYAAN

Zainal Arifin

Tanya...
Definisi khusuk itu apa ?


JAWABAN

Nunu Nurul Qomariyah>>

Bismillahirrohmanirrohiim


kang Zainal Arifin, ada yang berpendapat bahwa khusyuk adalah suatu kondisi dimana seseorang bisa konsentrasi penuh sehingga tidak ingat lagi akan sekitarnya.
pendapat yang lain mengatakan khusyuk adalah suatu kondisi di mana kita bisa merelaksasi pikiran dan jiwa kita sehingga memperoleh jiwa yang tenang.
da ada lagi lainnya yang berpendapat , bahwa yang di maksud khusyuk adalah ketika kita bisa merasakan sedang di lihat Allah , karena kita tidak bisa melihatNYA.



devinisi khusyuk dari Al Qur'an

Allah menyinggung kekhusyukan diantara ayat berikut:

Dan mintalah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan shalat, dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat kecuali bagi orang-orang yang khusyu'

(Yaitu ) orang- orang yang meyakini bahwa mereka akan menemui Tuhannya , dan bahwa mereka akan kembali pada - Nya .

Al baqarah ayat : 45-46

menurut ayat di atas yang di maksud khusyuk adalah orang- oarang yang meyakini bahwa mereka akan bertemu Tuhannya saat berkomunikasi dan suatu ketika akan kembali bertemu dengan -NYA.

definisi ini memang agak berbeda dengan kepahaman selama ini , tetapi kalo kita cermati isinya sungguh mendalam . bahwa seseorang yang dianggap khusyuk dan di sebut telah khusyuk , jika dia menyadari dengan penuh keyakinan bahwa dia bisa bertemu dengan Allah . baik dalan dzikir dan shalatnya, maupun suatu saat nanti ketika dia mati

inilah pondasi dasar sekaligus definisinya . jadi, orang yang tidak memantapkan keyakinan dalam hatinya bahwa dia akan bertemu Allah , di sebut tidak khusyuk

berarti untuk mencapai kekusyukan tidak bisa instan , melainkan membutuhkan proses kepahaman sampai memperoleh keyakinan . bahwa Allah bisa di temui , kapan pun dan di manapun , bahwa Allah demikian dekat dengan kita, lebih dari urat leher kita sendiri .


двгояу роэлуд>>

M"f sblumx unt pra yai, ustad n ustazah. . Ane mw dkit nimbrung nech. . Hehe, maklum ane jga ingin bljar. .

oia, mngenai orng yg tdk khusyu'. Cbenarx fakt0r utama dn prtma yg mnyebabkan spt itu adlh kurngx ksadaran akn peran, definisi, dn hikmah sh0lat it sendiri. . Jd shlt yg ia krjakan seakan-akan hanyalh kegiatan yg dianggap sbg sesuatu yg dpt mleps dri dr kwajiban. . Pdhal arti dn hikmah shlat lbih dr skedar anggapn td. . Baiklah. . Dlm ktb tanwirul qulub hal 119-120 djlzkan bhw hikmah esensi dr dsyariatknx shlat adlh mrendahkan diri dhdapan allah SWT. dan brmunajat dg d0'a, dzikir, dan menfungsikan angg0ta badan untuk mengabdi kpdax. . Jd ini sdh ckup jlz kaitannya dg khusu' yg diatas. . Hehe. .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar