Kamis, 30 Mei 2013

844 : HUKUM PUPUK TERBUAT DARI BANGKAI TIKUS

PERTANYAAN

Em Djassiman

assalamu'alaikum
warohmatullahi
wabarokaatuh

sederek huda yg dirahmati Allah Swt.
numpang tanya;
bagaimana hukumnya pupuk organik yang terbuat dari bangkai TIKUS ;

monggo

http://regional.kompas.com/read/2013/03/20/09230899/Anas.Tika.Sang.Profesor.Tikus.dari.Pinrang

JAWABAN

Sanusi El Ruzy

wa'alaikum salam

Untuk mengawali,
apakah ini masuk dalam permasalahan ini?

Dari kitab,
Al-Majmuu’ Syarh al-Muhaddzab
4, HAL 448

ﻳﺠﻮﺯ ﺗﺴﻤﻴﺪ ﺍﻻﺭﺽ ﺑﺎﻟﺰﺑﻞ ﺍﻟﻨﺠﺲ ﻗﺎﻝ ﺍﻟﻤﺼﻨﻒ ﻓﻲ ﺑﺎﺏ ﻣﺎ ﻳﺠﻮﺯ ﺑﻴﻌﻪ ﻭﻏﻴﺮﻩ ﻣﻦ ﺃﺻﺤﺎﺑﻨﺎ ﻳﺠﻮﺯ ﻣﻊ ﺍﻟﻜﺮﺍﻫﺔ ﻗﺎﻝ ﺍﻣﺎﻡ ﺍﻟﺤﺮﻣﻴﻦ ﻭﻟﻢ ﻳﻤﻨﻊ ﻣﻨﻪ ﺃﺣﺪ. ﻭﻓﻰ ﻛﻼﻡ ﺍﻟﺼﻴﺪﻻﻧﻲ ﻣﺎ ﻳﻘﺘﻀﻲ ﺧﻼﻓﺎ ﻓﻴﻪ ﻭﺍﻟﺼﻮﺍﺏ ﺍﻟﻘﻄﻊ ﺑﺠﻮﺍﺯﻩ ﻣﻊ ﺍﻟﻜﺮﺍﻫﺔ
Boleh hukumnya merabuk tanah dengan kotoran binatang yang najis
mushonnif berkata dalam Bab hal yang boleh dijual dan tidak
“Sebagian ashhab as-syafi’i ada yang menghukumi boleh
tapi makruh”, Imam Haramain berkata, “Tidak ada seorangpun yang
melarangnya” namun
pernyataan as-Shoidalaany ternyata berbeda, yang benar
dalam masalah ini hukumnya boleh tapi makruh”
Ibnu Hasyim Alwi


Pupuk yang terbuat dari bangkai tikus adalah najis dan sama halnya dengan pupuk yang terbuat dari kotoran hewan sama2 najis.
sedangkan salah satu syarat dari jual beli adalah barang yang dijual merupakan benda yang suci, karena itu jual beli pupuk yang dibuat dari kotoran binatang/bangkai hukumnya tidak sah.
Berdasarkan hadist :

"Sesungguhnya Alloh dan RosulNya telah melarang jual beli khomer (arak), bangkai, daging babi serta jual beli patung ."

Ada seseorang yang bertanya,"Wahai Rosulullah, bagaimana pendapat anda dengan minyak (lemak) yang terdapat dalam bangkai ? Sebab lemak tersebut bisa digunakan untuk melumasi perahu, untuk meminyaki kulit dan menyalakan lampu?" Lalu beliau bersabda:

"Tidak boleh, hal itu tetaplah haram." Kemudian Rosulullah melanjutkan sabdanya: "Alloh memerangi orang-orang Yahudi, ketika Alloh mengharamkan lemak bangkai, ternyata mereka tetap mengolahnya juga, kemudian mereka menjualnya dan hasil penjualannya mereka makan." (HR.Bukhori Muslim).

Selain akadnya tidak sah dan batil, uang yang dihasilkan dari penjualan itu juga dihukumi haram.
Pendapat yang menyatakan bahwa jual beli benda najis hukumnya tidak sah adalah pendapat madzhab Syafi'i dan Madzhab hanafi , namun ulama'-ulama' madzhab Hanafi mengecualikan kotoran hewan yang bisa dimanfaatkan, seperti kotoran sapi yang biasa dijadikan pupuk untuk menyuburkan tanah atau tanaman, Semua ashhab madzhab hanafi sepakat bahwa jual beli kotoran hewan tersebut diperbolehkan.

Apabila kita mengacu pada pendapat madzhab Syafi'i yang menyatakan bahwa jual beli tersebut tidak sah, para Ulama' madzhab syafi'i memberikan jalan keluar yaitu dengan cara sighot (ucapan) akadnya bukan akad jual beli tapi naqlul yad (perpindahan tangan) dengan cara nuzul. Caranya ; orang yang memiliki barang mengatakan :"Aku gugurkan hakku atas benda ini(menyebutkan benda) dengan ganti sekian (menyebutkan harga)", lalu orang yang menerima mengucapkan : "Saya terima".

KESIMPULANNYA ,

menurut madzhab Syafi'i jual beli pupuk yang berasal dari Bangkai/kotoran binatang itu tidak sah, dan solusinya perpindahan kepemilikan atas pupuk itu menggunakan akad "tanazul 'anil ikhtishosh".
Prakteknya penyedia pupuk mengatakan : "Aku gugurkan hakku atas pupuk ini", lalu orang yang membutuhkan mengatakan "saya terima".

REFERENSI KITAB :

Al-Muhadzdzab, Juz : 2 Hal : 9-10
باب ما يجوز بيعه وما لا يجوز
الأعيان ضربان: نجس وطاهر فأما النجس فعلى ضربين: نجس في نفسه ونجس بملاقاة نجاسة فأماالنجس في نفسه فلا يجوز بيعه وذلك مثل الكلب والخنزير والخمر والسرجين وما أشبه ذلك من النجاسات والأصل فيهما روى جابر رضي الله عنه أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال: "إنالله تعالى حرم بيع الخمر والميتة والخنزير والأصنام1" وروى ابن مسعود وأبو هريرة أن رسول الله صلي الله عليه وسلم "نهى عن ثمن الكلب" فنص على الكلبوالخنزير والخمر والميتة وقسنا عليها سائر الأعيان النجسة

Al-Majmu', Juz : 9 Hal ; 230-231

فرع : بيع سرجين البهائم المأكولة وغيرها وذرق الحمام باطل وثمنه حرام هذا مذهبنا وقال أبو حنيفة يجوز بيع السرجين لاتفاق أهل الأمصار في جميع الأعصار على بيعه من غير إنكار ولأنه يجوز الانتفاع به فجاز بيعه كسائر الأشياء. واحتج أصحابنا بحديث ابن عباسالسابق إن النبي صلى الله عليه وسلم قال (ان لله إذا حرم على قوم شيئا حرم عليهم ثمنه) وهو حديث صحيح كما سبق بيانه قريبا وهذا عامإلا ما خرج بدليل كالحمار والعبد وغيرهما ولأنه نجس العين فلم يجز بيعه كالعذرة فإنهم وافقوا على بطلان بيعها مع أنه ينتفع بها (وأما) الجواب عما احتجوا به فهو ما أجاب به الماوردى أن بيعه إنما يفعله الجهلة والارزال فلا يكون ذلك حجة في دين الإسلام (وأما)قولهم إنه منتفع به فأشبه غيره فالفرق أن هذا نجس بخلاف غيره

Hasyiyah Al-Bajuri Ala Fathul Qorib, Juz : 1 Hal : 532

و يجوز نقل اليد عن النجس بالدراهم كما في النزول عن الوظائف و طريقه ان يقول المستحقله اسقطت حقي من هذا بكذا فيقول الاخر قبلت

Qurrotul Ain Bi Fatawi Isma'il az-Zain, Hal : 116-117

سؤال : ماحكم بيع الاشياء النجسة كالسرجين ونحوه ؟
الجواب : والله الموفق للصواب أن الاشياء النجسة كالسرجين وغيرهمما ينتفع به ولو بعد تطهيره كجلدالميتة قبلالدبغ لاتسمى مملوكة وانما يكون فيها لمن هي في يده نوع اختصاص فلايجوز بيعها لان شرط المبيع ان يكون طاهرا ولكن يجوز التنازل عن الاختصاص على شيء معلوم كان يقول من هي في يده لآخر نزلت لك عن اختصاص عن هذا السرجين او عن جلد الميتة او عن كلب الصيدمثلا على كذا وكذا فيقولقبلت ولايجوز بلفظ البيع. والله سبحانه وتعالى أعلم

Al-Fiqhul Islami Wa Adillatuhu, Juz : 5 Hal : 3431

بيع النجس والمتنجس
قال الحنفية: لا ينعقد بيع الخمر والخنزير والميتة والدم؛ لأنها ليست بمال أصلاً. ويكرهبيع العَذِرة، ولا بأس ببيع السرقين أو السرجين: وهو (الزبل) وبيع البعر، لأنه منتفع به، لأنه يلقى في الأرض لاستكثار الريع، فكان مالاً، والمال محل للبيع

Al-Jauharoh An-Nayyiroh, Juz : 1 Hal : 220

وأجاز أصحابنا جميعا بيع السرجين، والبعر وشراءه والانتفاع به للوقود
 
link dokumen :

http://www.facebook.com/groups/kasarung/doc/595994930425249/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar