Jumat, 10 Mei 2013

779 : APAKAH CEGUKAN MEMBATALKAN SHOLAT ?

PERTANYAAN
Noah Ismaiel

Assalamu'alaykum wr wb..

Mumpung bentar lagi mw Shalat Jum'at, Ada pertanyaan tentang Bab Shalat Jum'at nich.

1. Sahkah Shalat Jum'at saat Imamnya membaca Fatikhah mengalami Cegukan (Sendawa) yang parah yang membuat bacaan Fatikhahnya Jadi terputus2

2. Andai Batal, Apa yg seharusnya dilakukan Makmum? Bagaimana cara proses pergantiannya?

Terimakasih..
JAWABAN

Farid Muzakki


wa'alaikum salam

oleh : Sayyidul Istighfar

HAL HAL YANG
MMBATALKAN SHOLAT Yang membatalkan sholat
sangat banyak, diantaranya di ketahui secara
umum melalui syarat sah sholat sebagaimana yang
telah kita ketahui dari syarat dan rukun sholat,
adapun pada tulisan ini insyallah akan menyebutkan lima belas (15) hal hal yang
membatalkan sholat. 1. Berkata kata (dengan huruf
dan suara) dengan sengaja, yaitu perkataan yang
memberi kefahaman atau pun tidak memberi
faham sekalipun satu huruf, misal mengtakan
huruf (qaf) (ain)dan ( lam) karena dalam bahasa Arab huruf qaf singkatan dari wiqayah, ain
singkatan dari ri’ayah dan lam singkatan dari
wilayah atau hurf tha’ singkataan dari wat’ie.
Berkata kata dengan huruf dan suara dapat di bagi
menjadi kepada bagian

1. Batuk, menguap, sendawa (cekluan) (tidak membatalkan sholat jika ada udzur atau tidak ada
unsur main main)

2. Bersin (tidak membatalkan sholat jika ada udzur
atau tidak ada unsur main main)

3. Berdehem (tidak membatalkan sholat jika ada
udzur atau tidak ada unsur main main dan di perbolehkan berdehem pada tempat yang
diwajibkan rukun qauli yang lima, takbiratul
ikhram, al fatihaah, tahyat terakhir, sholawat pada
tahyat akhir dan salam yang pertama) referensi
ﺍﻟﻜﺘﺎﺏ : ﺍﻟﻤﺠﻤﻮﻉ ﺷﺮﺡ ﺍﻟﻤﻬﺬﺏ ﺝ 4 - ﺍﻟﺼﻔﺤﺔ
ﺍﻟﺪﻳﻦ ﻳﺤﻴﻰ ﻣﺤﻴﻲ ﺃﺑﻮ ﺯﻛﺮﻳﺎ : 79-80ﺍﻟﻤﺆﻝﻑ 676ﻫـ)ﻭﺃﻣﺎ : (ﺍﻟﻤﺘﻮﻓﻰ ﺍﻟﻨﻮﻭﻱ ﺷﺮﻑ ﺑﻦ
ﺃﻭﺟﻪ ﺛﻼﺛﺔ ﻓﻴﻪ ﺍﻟﻤﻨﻘﻮﻝ ﻓﺤﺎﺻﻞ ﺍﻟﺘﻨﺤﻨﺢ
ﻭﺍﻻﻛﺜﺮﻭﻥ ﺍﻥ ﺑﻪ ﺍﻟﻤﺼﻨﻒ ﺍﻟﺬﻯ ﻗﻄﻊ ﺍﻟﺼﺤﻴﺢ
ﻻ ﺑﺎﻥ ﻣﻨﻪ ﺣﺮﻓﺎﻥ ﺑﻄﻠﺖ ﺻﻼﺗﻪ ﻭﺍﻻ ﻓﻼ ﻭﺍﻟﺜﺎﻧﻰ
ﻫﺬﺍ ﻭﺣﻜﻰ ﺍﻟﺮﺍﻓﻌﻲ ﻗﺎﻝ ﺣﺮﻓﺎﻥ ﺑﺎﻥ ﻭﺍﻥ ﺗﺒﻄﻞ
ﻣﻄﺒﻘﺎ ﻓﻤﻪ ﻛﺎﻥ ﺍﻥ ﻭﺍﻟﺜﺎﻟﺚ ﺍﻟﺸﺎﻓﻌﻲ ﻧﺺ ﻋﻦ ﻭﺍﻻ ﺑﻄﻠﺖ ﺣﺮﻓﺎﻥ ﺑﺎﻥ ﻓﺎﻥ ﻭﺍﻻ ﻣﻄﻠﻘﺎ ﺗﺒﻄﻞ ﻟﻢ
ﺍﺑﻄﻠﻨﺎ ﻭﺣﻴﺚ ﺍﻟﻤﺘﻮﻟﻲ ﻗﻄﻊ ﻭﺑﻬﺬﺍ ﻓﻼ
ﻓﺎﻥ ﺣﺎﺟﺔ ﺑﻼ ﻣﺨﺘﺎﺭﺍ ﻛﺎﻥ ﺍﻥ ﻓﻬﻮ ﺑﺎﻟﺘﻨﺤﻨﺢ
ﻗﺮﺍﺀﺓ ﺗﻌﺬﺭﺕ ﻗﻄﻌﺎﻭﻟﻮ ﺗﺒﻄﻞ ﻟﻢ ﻣﻐﻠﻮﺑﺎ ﻛﺎﻥ
ﻳﻀﺮﻩ ﻭﻻ ﻓﻴﺘﻨﺤﻨﺢ ﺑﺎﻟﺘﻨﺤﻨﺢ ﺍﻻ ﺍﻟﻔﺎﺗﺤﺔ
ﻭﺗﻌﺬﺭ ﺍﻟﻘﺮﺍﺀﺓ ﺃﻣﻜﻨﺘﻪ ﻭﺍﻥ ﻣﻌﺬﻭﺭ ﻻﻧﻪ ﻓﻠﻴﺲ ﺑﺎﻟﺘﻨﺤﻨﺢ ﺍﻻ ﺍﻟﺠﻬﺮ
ﺑﻌﺬﺭ ﻋﻠﻲ ﺃﺻﺢ ﺍﻟﻮﺟﻬﻴﻦ ﻻﻧﻪ ﻟﻴﺲ ﺑﻮﺍﺟﺐ ﻭﻟﻮ
ﻓﻮﺟﻬﺎﻥ ﺣﺮﻓﺎﻥ ﻣﻨﻪ ﻭﻇﻬﺮ ﺍﻣﺎﻣﻪ ﺗﻨﺤﻨﺢ
ﻭﺍﻟﺒﻐﻮﻱ ﻭﺍﻟﻤﺘﻮﻟﻲ ﺣﺴﻴﻦ ﺍﻟﻘﺎﺿﻰ ﺣﻜﺎﻫﻤﺎ
ﻣﺎ ﻓﻌﻞ ﻻﻧﻪ ﻣﻔﺎﺭﻗﺘﻪ ﻳﻠﺰﻣﻪ ﺃﺣﺪﻫﻤﺎ ﻭﻏﻴﺮﻫﻢ
ﺍﻟﺪﻭﺍﻡ ﻟﻪ ﺍﻥ ﻭﺍﺻﺤﻬﻤﺎ ﻇﺎﻫﺮﺍ ﺍﻟﺼﻼﺓ ﻳﺒﻄﻞ ﺻﻼﺗﻪ ﺑﻘﺎﺀ ﺍﻻﺻﻞ ﻻﻥ ﻣﺘﺎﺑﻌﺘﻪ ﻋﻠﻰ
ﻭﺍﻟﻈﺎﻫﺮ ﺃﻧﻪ ﻣﻌﺬﻭﺭ ﻭﺍﻟﻠﻪ ﺍﻋﻠﻢ

http://www.piss-ktb.com/2012/06/1651-hal-hal-yang-mmbatalkan-sholat.html

link dokumen :

http://www.facebook.com/groups/kasarung/doc/587379107953498/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar