Minggu, 19 Mei 2013

808 : LAMA WAKTU NIFAS

PERTANYAAN

>> Alvaro Zulfadhli Aqila

Assalamu'alaikum Bab nifas.

Berapa lama wakut nifas?

JAWABAN

>> Cikong Mesigit

wa'alaikum salam 

Oleh Admin : Mbah Jenggot

KAJIAN FIQH WANITA ( 5 )

بسم الله الرحمن الرحيممسـئلة النفاس

MASALAH DARAH NIFAS

Definisi Nifas>>

Nifas menurut bahasa berarti melahirkan. Adapun menu-rut istilah Syara’, Nifas ialah darah yang keluar dari kemaluan seorang wanita setelah melahirkan (wiladah), dan sebelum melampui 15 hari dan malam dari lahirnya anak.

>>Permulaan nifas itu dimulai dari keluarnya darah, bukan dari keluarnya anak.

>>Darah yang keluar bersama bayi atau sebelum melahirkannya, tidak dihukumi darah nifas, tetapi termasuk darah istihadlat atau darah rusak (darah penyakit). (Fathul Qarib: 109, Bughiyatul Mustarsyidin: 22).

Dasar Hukum Nifas:Masa kebiasaan seorang wanita atas keluarnya darah nifas adalah 40 hari, sebagaimana yang diriwayatkan dari Ummu Salamah, dimana ia berkata:كانت النفساء على عهد رسول الله صلى الله عليه وسلم تقعدبعد نفاسها أربعين يوما او أربعين ليلة (رواه أبو داود والترمذى ).“Pada masa Rasulullah Saw.

Para wanita yang sedang menjalani masa nifas menahan diri selama empat puluh hari atau empat puluh malam.” (HR. Abu Da-wud dan Tirmidzi).>>Para ulama dari kalangan sahabat Rasulullah Saw.

dan para tabi’in telah menempuh kesepakatan, bahwa wanita-wanita yang sedang men-jalani masa nifas harus meninggalkan shalat selama empat puluh hari. Apabila telah suci sebelum masa tersebut, maka hendaklah mandi dan mengerjakan shalat, demikian dikatakan oleh Imam Tirmidzi.

Lamanya Nifas dan Sucinya:Sekurang-kurangnya seorang wanita keluar darah nifas adalah satu tetesan, kebiasaannya Nifas 40 hari dan malam, sedang sebanyak-banyaknya nifas, selama 60 hari dan malam.

Semuanya ini juga dengan dasar hasil penelitian Imam Syafi’i Ra. Kepa-da wanita Arab di Timur Tengah (Hasyiyah Al-Bajuri: 1/111 dan Abyanal Hawaij: 11/268).Paling lama nifas 60 hari tersebut, di hitung mulai dari keluarnya bayi. Adapun yang dihukumi darah nifas itu mulai dari keluarnya darah.

Sehingga, seumpama seorang wanita melahirkan anak pada tanggal1 kemudian ketika mengeluarkan darah mulai tanggal 5 itu penuh 60 hari dan malamnya, dimulai tanggal 5, dan yang dihukumi darah nifas adalah mulai tanggal 5.

Adapun waktu antara lahirnya bayi dengan keluarnya darah, dihukumi suci. Oleh karena itu ia tetap kewajiban shalat dan kewajiban kewajiban yang lain.  

http://www.piss-ktb.com/2011/07/oleh-admin-mbah-jenggot-kajian-fiqh_4497.html?m=1

link dokumen :

 http://www.facebook.com/groups/kasarung/doc/590895857601823/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar