Rabu, 08 Mei 2013

770 : TA'ALLUQ SIFAT SIFAT MA'ANI.

PERTANYAAN
Opick Syahreza

Assalamu'alaikum...Wr
Wb...;
mau tanya ustad di huda apakah yang di maksud
1.تنزيزي qodim
2. suluhi qodim
3. تنزيزي hadis...

Wasalamualaikum
JAWABAN

Brojol Gemblung

wa'alaikum salam

Silahkan bagi teman2 yg berkompeten di bidang theologi untuk menjelaskan sifat QUDRAT Allah yg secara global berhubungan dg :

ﺗﻌﻠﻖ ﺻﻠﻮﺣﻰ ﻗﺪﻳﻢ

ﺗﻌﻠﻖ ﺗﻨﺠﻴﺰﻯ ﺣﺎﺩﺙ

Ma'af, saya tidak mahir dalam hal ini. Jadi saya serahkan pada yg alim2 saja.


Sunde Pati

nitip ibaroh disek

engko ben dilanjut mbah Brojol Gemblung

الامام البيهقي وموقفه من الالهيات (1/ 89)

1 - تعلق صلوحي قديم.
2- تعلق تنجيزي حادث.
فالأول: صلاحيتها في الأزل لإيجاد كل ممكن فيما لا يزال أي حين وجوده.
والثاني: إبرازها بالفعل للممكنات التي أراد الله وجودها فتعلقها في الأزل أعم لأنها صالحة في الأزل لإيجاد كل ممكن على أي صفة كانت، بخلاف تعلقها التنجيزي فإنه تعلقها بالممكن الذي أراد الله وجوده على صفة كذا

Yans CeRren تفضل إقرأ الكتاب إحياء علوم الدين إنشاء الله باب الإعتقاد

أو في الكتاب اصول الدين عقائد.

kulo si tkg rmpt nyimak mawon


Cikong Mesigit

Urun rembuk.
Sebelumnya kita telah mafhum, dintara sifat wajib bagi Allah adalah "QUDROT" (sifat wujud yang tetap pada dzat Allah yang dengan sifat qudrot Allah menciptakan & meniadakan sesuatu yang bersifat mumkin).

Nah secra globalnya ta'alluq sifat qudrot tersebut berhubungan dengan TA'ALLUQ SHULUhI QODIM & TA'ALLUQ TANJIZI hAADITS. Seperti yang diungkapkan mbah brojol.

1.TA'ALLUQ SHULUHI QODIM:

kelayakan sifat qudrot Allah pada azal untuk mewujudkan / meniadakan setiap sesuatu.

2.TA'ALLUQ TANJIZI HADITS:

kelayakan sifat qudrot Allah untuk mewujudkn / meniadakan setiap sesuatu pada keadaan yang ada.

Mafhumnya Ta'alaluq shuluhi qodim sifatnya lebih umum dari pada ta'alluq tanjizi hadits.
Nggandul mbah sunde..

Wal'iyaadzu billah.
Wallahu a'lam.

Muhammad Fatkhurozi

definisi ta'alluq shuluhi qadim ialah:
هو صلاحيتها فى الأزلى للايجاد و الاعدام

Ta'alluq shuluhi qadim ialah kelayakan sifat Qudrat Allah swt di azali (masa sebelum terciptanya makhluk dan hanya ada Dzat Allah semata beserta sifat-sifat-Nya) untuk menciptakan dan meniadakan makhluk". Jadi, segala sesuatu yang ada dan terjadi di alam semesta ini, baik di masa lalu, masa sekarang, dan masa yang akan datang sudah ada dalam ta'alluq shuluhi qadimnya Allah swt.

definisi ta'alluq tanjizi hadits ialah:
هو الايجاد و الاعدام بالفعل

Ta'alluq Tanjizi Hadits ialah ta'alluq di mana Allah swt menciptakan dan meniadakan makhluk dengan fakta yang nyata". Seperti segala sesuatu yang ada dan tiada di alam semesta ini.


Secara global, sifat qudrat Allah swt mempunyai dua ta'alluq, yaitu:
1. Ta'alluq Shuluhi Qadim (تعلق صلوحى قديم)
2. Ta'alluq Tanjizi Hadits (تعلق تنجيزى حادث


Secara tafshili (terperinci), sifat qudrat mempunyai tujuh ta'alluq, yaitu:
1. Ta'alluq Shuluhi Qadim (تعلق صلوحى قديم), yaitu:
هو صلاحيتها فى الأزلى للايجاد و الاعدام

2. Ta'alluq Qabdhah (تعلق قبضة), yaitu:
هو كون الممكن فيما لا يزال قبل وجوده

Artinya: "Ta'alluq di mana sesuatu yang mungkin itu sudah menjadi ketetapan di azalinya, namum belum wujud". Maksudnya: Sesungguhnya Allah swt apabila menghendaki sesuatu yang bersifat mungkin, maka Ia dapat menetapkan ketiadaannya. Begitupula, apabila Ia menghendaki, maka Ia dapat mewujudkannya.

3. Ta'alluq Tanjizi Hadits (تعلق تنجيزى حادث), yaitu:
هو ايجاد الله تعالى الشيئ بها فيما لا يزال

Artinya: "Ta'alluq di mana Allah ta'ala menjadikan atau menciptakan sesuatu dengan perantaraan sifat qudrat-Nya sesuai dengan ketentuan di azalinya".

4. Ta'alluq Qabdhah (تعلق قبضة), yaitu:
هو كون الممكن حالة وجوده فى قبضة القدرة

ِArtinya: "Ta'alluq di mana adanya sesuatu yang mungkin itu dalam keadaan sudah wujud dan berada pada genggaman sifat qudratnya Allah swt". Maksudnya: Apabila Allah swt menghendaki, maka Ia dapat menetapkan atas wujudnya sesuatu yang bersifat mungkin itu. Begitupula, apabila Ia menghendaki, maka Ia dapat meniadakannya dengan sifat Qudrat-Nya.

5. Ta'alluq Tanjizi Hadits (تعلق تنجيزى حادث), yaitu:
هو اعدام الله الشيئ بها

Artinya: "Ta'alluq di mana Allah swt meniadakan sesuatu (alam semesta) dengan sifat qudrat-Nya". Seperti Allah swt mematikan seseorang, atau menjelang hari kiamat akan terjadi kehancuran alam semesta.

6. Ta'alluq Qabdhah (تعلق قبضة), yaitu:
هو كون الممكن حالة عدمه فى قبضة القدرة

Artinya: "Ta'alluq di mana sesuatu yang bersifat mungkin (alam semesta) dalam keadaan ketiadaan dan berada pada genggaman sifat Qudrat atau Maha Kuasanya Allah swt." Maksudnya: Seandainya Allah menghendaki, maka Ia dapat menetapkan sesuatu yang bersifat mungkin itu atas ketiadaannya. Begitupula, apabila Ia menghendaki, maka Ia dapat menciptakannya dengan sifat Qudrat-Nya.

7. Ta'alluq Tanjizi Hadits (تعلق تنجيزى حادث), yaitu:
هو ايجاد الله الشيئ بها حين البعث

Artinya: "Ta'alluq di mana Allah swt menjadikan atau menciptakan sesuatu (alam semesta) dengan perantaraan sifat Qudrat-Nya ketika dibangkitkannya makhluk (manusia) di alam kubur."


Noah Ismaiel

Kalam punya kok ta'alluq shulukhi qadim dan ta'alluq tanjizi khadits. Coba mas ozi yg di kifayah pmbhasanx Kalam. Mbhas ta'alluqx jga apa nda?

Adapun ta'alluqnya siat kalam itu trbge jdi 3:
1. ta'alluq tanjizi qadim, yaitu ta'aluqnya sifat kalam ke mu'taqad yg wajib dan mustahil
2. ta'alluq shulukhi qadim, yaitu perintah dan larangannya Allah kpd Mukallaf yg belum wujud
3. ta'alluq tanjizi huduts yaitu perintah dan larangannya Allah kpd mukallaf yg sudah pada wujud.

-risalah tsani, ta'limul mubtadiin fi aqaididin -


Kudung Khantil Harsandi Muhammad

Urun rembuk geeh

Dari empat macam pengelompokan sifat wajibnya Alloh swt,
Nafsiyah
Salbiyah
Ma'ani, dan
Ma'nawiyah,

yang keterangannya panjang adalah dalam pembahasan sifat Ma'ani yakni Qudrat, Iradat, Ilmu, Hayat, Sama', Bashar, dan kalam. Karena dalam sifat ini juga membahas panjang lebar mengenai ta'alluq atau titik sasaran dari masing-masing sifat.

QUDRAT
Dengan sifat ini Alloh akan mewujudkan dan meniadakan segala sesuatu yang bersifat jaiz wujudnya.

Titik sasaran atau Ta'alluq sifat ini ada dua yaitu Ta'alluq Shuluhi Qadim dan Ta'alluq Tanjizi hadits. Tapi ada juga ulama yang menambahkan satu yaitu Ta'alluq Qobdloh.
TA'ALLUQ SHULUHI QADIM yakni Kepatutan Alloh di zaman Azali untuk menciptakan atau tidak, semua makhluk yang ada.
Meskipun pada saat itu
belum ada makhluk yang
tercipta, namun kisaran
sifat Qudrat tetap ada walaupun hanya terbatas pada kepatutannya akan menjadikan semua yang ada didunia ini dengan segala bentuk, sifat, macam, warna ataupun yang lainnya sesuai dengan kehendakNya. Atau justru pada saat itu Alloh tidak berkehendak menciptakan apa-apa.

TA'ALLUQ TANJIZI yakni Pelestarian Alloh terhadap semua hal yang telah dikehendakiNya dizaman Azali.
Dengan kata lain, ta'alluq
ini adalah realisasi dari Ta'alluq Shuluhi.
Jadi apapun yang sudah atau belum terjadi didunia ini merupakan keniscayaan yang tidak bisa dihindari, karena
semuanya telah terpotret
secara rapi sejak zaman Azali.
Karenanya wajar jika ada sebuah kata bijak yang menyatakan ; Dikehidupan ini, anda hanya butuh persiapan mental yang memadahi menanti apa yang akan terjadi.
Karena semuanya sudah tidak bisa dihindari.''
فالقدرة لها اجمالا ثلاث تعلقات بالممكن , وتفصيلا سبع تعلقات بل ثمان , وذلك ان لها تعلقا به صلوحيا ازليا . وهو صلاحيتها في الازل للايجاد فيما لا يزال وللاعدام , فهي صالحة في الازل لان توجد زيدا فيما لا يزال طويلا او قصيرا او عريضا او غير عريض , وصالحة لاعطائه فيما لا يزال العلم . وتعلقا تنجيزيا حادثا بالممكن حال عدمه فتوجده , وبه حال وجوده فتعدمه بالموت , وبه حال موته فتوجده بالبعث فافراده ثلاثة . وتعلقا ثالثا يسمى تعلق قبضة بالمعدوم قبل ان يريد الله وجوده بمعنى ان المعدوم في قبضة القدرة ان شاء الله ابقاه على عدمه وان شاء اخرجه من العدم الى الوجود , وبالموجود بعد ان اراد الله وجوده وقبل ان يريد فناءه , بمعنى ان الموجود في قبضة القدرة ان شاء الله ابقاه على وجوده وان شاء اخرجه من الوجود الى العدم , وبالمعدوم بالموت قبل ان يريد الله بعثه بمعنى انه في قبضة القدرة كما تقدم , وبالموحود بعد البعث بمعنى انه ان شاء الله ابقاه على وجوده وان شاء اعدمه , فافراد تعلق القبضة اربعة , لكن هذا التعلق بافراده مجازي كالصلوحى , والتعلق الحقيق انما هو التعلق التنجيزي الحادث فافراده الثلاثة , نعم في تعلقها بالعدم خلاف فالجمهور على تعلقها به , وبعضهم على عدم تعلقها به , فاذا اراد الله عدم شخص منع عنه الامدادات التى هي سبب في بقائه , وهي الاعراض الممكنة , فاذا منع الله عنه تلك الاعراض انعدم بنفسه كالفتيلة تستمر منورة ما دام الزيت , فاذا فرغ انطفأت بنفسها ولا تحتاج الى ان يطفئها احد

Ta'alluqnya sifat ma'ani
2. Iradah
I. Shuluhi Qadim
II. Tanjizi Qadim

3. Ilmu
I. Tanjizi Qadim

4. Sama' dan Bashar
I. Tanjisi Qadim
II. Tanjizi Hadits

5. Kalam
I. Dilalah
II. Tanjizi Qadim
III. Shuluhi Qadim
IV. Tanjizi Hadits












link dokumen :

 http://www.facebook.com/groups/kasarung/doc/586289384729137/

2 komentar: