Minggu, 26 Mei 2013

834 : HIWALAH ( MELIMPAHKAN HUTANG KEPADA ORANG LAIN )

PERTANYAAN

Ali Ayahnya Fika
Assalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh,,
monon izin pinjem nama
pertanyaan: bagaimana hukumnya melimpahkan hutang kita kepada orang lain yg berhutang kepada kita,, misalnya begini saya punya hutang sama kang Em Djassiman ,, kang Em Djassiman datang menagih hutang ke saya, karena pada saat kang Em datang menagih hutang ke saya, saya lagi bokek, terus kang Em saya suruh tagih ke kang Dwi Handoko yang punya hutang kepada saya,, ini misalnya,, umpama ,,andaikata

silahkan,,

JAWABAN

Sunde Pati

wa alaikum salam,,hukumnya boleh,ini adalah aqad hiwalah/ngeligerno
hiwalah adalah memindah utang pada orang lain yg mana orang lain itu juga punya hutang pada orang yg memindahkan tadi
syaratnya adalah 6
1-orang yg memindah/ngeligeri/muhil.dalam kasus diatas pelakunya adalah saya
2-orang yg terkena pindahan/muhtal.dalam kasus diatas kedudukannya adalah kang Dwi Handoko
3-orang yg menerima pindahan/muhal alaih.dalam kasus diatas kedudukannya adalah kang Em Djassiman
4-yg terkena pindahan punya hutang pada yg memindah (kang dwi punya hutang pada saya)
5-yg memindah/muhil punya hutang pada yg terkena pindahan/muhtal (saya punya hutang pada kang em)
6-shighot

أسنى المطالب في شرح روض الطالب (2/ 230)

كِتَابُ الْحَوَالَةِ

هِيَ بِفَتْحِ الْحَاءِ أَفْصَحُ من كَسْرِهَا من التَّحَوُّلِ وَالِانْتِقَالِ يُقَالُ حَالَتْ الْأَسْعَارُ إذَا انْتَقَلَتْ عَمَّا كانت عليه وفي الشَّرْعِ عَقْدٌ يَقْتَضِي نَقْلَ دَيْنٍ من ذِمَّةٍ إلَى ذِمَّةٍ وَتُطْلَقُ على انْتِقَالِهِ من ذِمَّةٍ إلَى أُخْرَى وَالْأَصْلُ قبل الْإِجْمَاعِ خَبَرُ الصَّحِيحَيْنِ مَطْلُ الْغَنِيِّ ظُلْمٌ وإذا أُتْبِعَ أحدكم على مَلِيءٍ فَلْيَتْبَعْ بِإِسْكَانِ التَّاءِ في الْمَوْضِعَيْنِ أَيْ فَلْيَحْتَلْ كما رَوَاهُ هَكَذَا الْبَيْهَقِيُّ وَلَهَا سِتَّةُ أَرْكَانٍ مُحِيلٌ وَمُحْتَالٌ وَمُحَالٌ عليه وَدَيْنٌ لِلْمُحْتَالِ على الْمُحِيلِ وَدَيْنٌ لِلْمُحِيلِ على الْمُحَالِ عليه وَصِيغَةٌ وَكُلُّهَا تُؤْخَذُ من كَلَامِهِ الْآتِي
 
link dokumen :
 
http://www.facebook.com/groups/kasarung/doc/594092650615477/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar