Senin, 13 Mei 2013

788 : MATI TENGGELAM DI HUKUMI MATI SYAHID

PERTANYAAN
Naira Hasyim

Assalamu alaikum.
Di antara perkara yang menyebabkan mati syahid di akhirat iala tenggelam.
* Dan yang Mau saya tanyakan adalah Yang di maksud tenggelam itu tenggelam yang di sebabkan karna apa sehingga di katakan mati syahid ???
Para alim sy Di tunggu jawabannya !
Brojol Gemblung dan para alim yang sy tunggu jawabannya !

JAWABAN

Brojol Gemblung


Wa'alaikumussalam,

Yang namanya tenggelam ya tenggelam di air toh neng... Dan dalam hal ini bebas, entah karena ia sedang dalam menjalankan tugas negara, berperang di laut misalnya. Atau pun ia sedang bermaksiat, menjadi bajak laut misalnya. Kemudian ada ombak besar dan tenggelam maka ia tetap dihukumi mati syahid akhirat.

Silahkan dipahami :

ﺇﻋﺎﻧﺔ ﺍﻟﻄﺎﻟﺒﻴﻦ - ﺍﻟﺒﻜﺮﻱ ﺍﻟﺪﻣﻴﺎﻃﻲ - ﺝ ٢ - ﺍﻟﺼﻔﺤﺔ ١٢٤ :

ﻭﺃﻣﺎ ﺷﻬﻴﺪ ﺍﻵﺧﺮﺓ ﻓﻘﻂ: ﻓﻬﻮ ﻛﻐﻴﺮ ﺍﻟﺸﻬﻴﺪ، ﻓﻴﻐﺴﻞ، ﻭﻳﻜﻔﻦ، ﻭﻳﺼﻠﻰ ﻋﻠﻴﻪ، ﻭﻳﺪﻓﻦ. ﻭﺃﻗﺴﺎﻣﻪ ﻛﺜﻴﺮﺓ، ﻓﻤﻨﻬﺎ ﺍﻟﻤﻴﺘﺔ ﻃﻠﻘﺎ، ﻭﻟﻮ ﻛﺎﻧﺖ ﺣﺎﻣﻼ ﻣﻦ ﺯﻧﺎ، ﻭﺍﻟﻤﻴﺖ ﻏﺮﻳﻘﺎ ﻭﺇﻥ ﻋﺼﻰ ﺑﺮﻛﻮﺏ ﺍﻟﺒﺤﺮ، ﻭﺍﻟﻤﻴﺖ ﻫﺪﻳﻤﺎ، ﺃﻭ ﺣﺮﻳﻘﺎ ﺃﻭ ﻏﺮﻳﺒﺎ ﻭﺇﻥ ﻋﺼﻰ ﺑﺎﻟﻐﺮﺑﺔ، ﻭﺍﻟﻤﻘﺘﻮﻝ ﻇﻠﻤﺎ ﻭﻟﻮ ﻫﻴﺌﺔ، ﻛﺄﻥ ﺍﺳﺘﺤﻖ ﺷﺨﺺ ﺣﺰ ﺭﻗﺒﺘﻪ ﻓﻘﺪﻩ ﻧﺼﻔﻴﻦ، ﻭﺍﻟﻤﻴﺖ ﺑﺎﻟﺒﻄﻦ، ﺃﻭ ﻓﻲ ﺯﻣﻦ ﺍﻟﻄﺎﻋﻮﻥ، ﻭﻟﻮ ﺑﻐﻴﺮ، ﻟﻜﻦ ﻛﺎﻥ ﺻﺎﺑﺮﺍ ﻣﺤﺘﺴﺒﺎ، ﺃﻭ ﺑﻌﺪﻩ: ﻭﻛﺎﻥ ﻓﻲ ﺯﻣﻨﻪ ﻛﺬﻟﻚ. ﻭﺍﻟﻤﻴﺖ ﻓﻲ ﻃﻠﺐ ﺍﻟﻌﻠﻢ ﻭﻟﻮ ﻋﻠﻰ ﻓﺮﺍﺷﻪ، ﻭﺍﻟﻤﻴﺖ ﻋﺸﻘﺎ ﻭﻟﻮ ﻟﻤﻦ ﻟﻢ ﻳﺒﺢ ﻭﻃﺆﻩ ﻛﺄﻣﺮﺩ، ﺑﺸﺮﻁ ﺍﻟﻌﻔﺔ، ﺣﺘﻰ ﻋﻦ ﺍﻟﻨﻈﺮ، ﺑﺤﻴﺚ ﻟﻮ ﺍﺧﺘﻠﻰ ﺑﻤﺤﺒﻮﺑﻪ ﻟﻢ ﻳﺘﺠﺎﻭﺯ ﺍﻟﺸﺮﻉ. ﻭﺑﺸﺮﻁ ﺍﻟﻜﺘﻤﺎﻥ ﺣﺘﻰ ﻋﻦ ﻣﻌﺸﻮﻗﻪ. ﻭﺃﻣﺎ ﺧﺒﺮ: ﺇﺫﺍ ﺃﺣﺐ ﺃﺣﺪﻛﻢ ﺃﺧﺎﻩ ﻓﻠﻴﺨﺒﺮﻩ، ﻓﻤﺤﻤﻮﻝ ﻋﻠﻰ ﻏﻴﺮ ﺍﻟﻌﺸﻖ.

Focus :

ﻭﺍﻟﻤﻴﺖ ﻏﺮﻳﻘﺎ ﻭﺇﻥ ﻋﺼﻰ ﺑﺮﻛﻮﺏ ﺍﻟﺒﺤﺮ،

dan mayat dalam keadaan tenggelam walaupun ia durhaka / berlaku maksiat dg pelayaran(nya) di atas samudera


Namun sebagian ulama menyatakan bahwa bila tenggelam karena bermaksiat itu tidak termasuk dalam kategori syahid akhirat. Dan dalam hal ini Imam al-Zarkasyi menyatakan bahwa hal itu tidak bisa mencegah predikat syahadah darinya, artinya biarpun bermaksiat tetap dihukumi mati syahid.

ﺗﺤﻔﺔ ﺍﻟﻤﺤﺘﺎﺝ ﻓﻲ ﺷﺮﺡ ﺍﻟﻤﻨﻬﺎﺝ 3/167 :

ﻭﺍﺳﺘﺜﻨﻰ ﺑﻌﻀﻬﻢ ﻣﻦ ﺍﻟﻐﺮﻳﺐ ﺍﻟﻌﺎﺻﻲ ﺑﻐﺮﺑﺘﻪ ﻛﺎﻵﺑﻖ ﻭﺍﻟﻨﺎﺷﺰﺓ ﻭﻣﻦ ﺍﻟﻐﺮﻳﻖ ﺍﻟﻌﺎﺻﻲ ﺑﺮﻛﻮﺑﻪ ﺍﻟﺒﺤﺮ ﻛﺄﻥ ﻛﺎﻥ ﺍﻝﻏﺎﻟﺐ ﻓﻴﻪ ﻋﺪﻡ ﺍﻟﺴﻼﻣﺔ ﺃﻭ ﺍﺳﺘﻮﺍﺀ ﺍﻷﻣﺮﻳﻦ ﺃﻭ ﺭﻛﺒﻪ ﻟﺸﺮﺏ ﺧﻤﺮ ﻭﻣﻦ ﺍﻟﻤﻴﺖ ﺑﺎﻟﻄﻠﻖ ﺍﻟﺤﺎﻣﻞ ﺑﺰﻧﺎ ﻭﺍﻟﻈﺎﻫﺮ ﺃﻥ ﻣﺎ ﺫﻛﺮ ﻻ ﻳﻤﻨﻊ ﺍﻟﺸﻬﺎﺩﺓ ﺍ ﻫـ ﻭﻳﺄﺗﻲ ﻓﻲ ﺍﻟﺸﺮﺡ ﻣﺎ ﻳﻮﺍﻓﻘﻪ

ﻣﻐﻨﻲ ﺍﻟﻤﺤﺘﺎﺝ - ﻣﺤﻤﺪ ﺑﻦ ﺃﺣﻤﺪ ﺍﻟﺸﺮﺑﻴﻨﻲ - ﺝ - ١ ﺍﻟﺼﻔﺤﺔ ٣٥٠ :

ﻭﺍﺳﺘﺜﻨﻰ ﺑﻌﻀﻬﻢ ﻣﻦ ﺍﻟﻐﺮﻳﺐ ﺍﻟﻌﺎﺻﻲ ﺑﻐﺮﺑﺘﻪ ﻛﺎﻵﺑﻖ ﻭﺍﻟﻨﺎﺷﺰﺓ، ﻭﻣﻦ ﺍﻟﻐﺮﻳﻖ ﺍﻟﻌﺎﺻﻲ ﺑﺮﻛﻮﺑﻪ ﺍﻟﺒﺤﺮ ﻛﺄﻥ ﻛﺎﻥ ﺍﻟﻐﺎﻟﺐ ﻓﻴﻪ ﻋﺪﻡ ﺍﻟﺴﻼﻣﺔ ﺃﻭ ﺍﺳﺘﻮﻯ ﺍﻷﻣﺮﺍﻥ ﺃﻭ ﺭﻛﺒﻪ ﻟﺸﺮﺏ ﺧﻤﺮ، ﻭﻣﻦ ﺍﻟﻤﻴﺘﺔ ﺑﺎﻟﻄﻠﻖ ﺍﻟﺤﺎﻣﻞ ﺑﺰﻧﺎ، ﻭﺍﻟﻈﺎﻫﺮ ﻛﻤﺎ ﻗﺎﻝ ﺍﻟﺰﺭﻛﺸﻲ ﻓﻴﻤﺎ ﻋﺪﺍ ﺍﻷﺧﻴﺮﺓ، ﻭﻓﻲ ﺍﻷﺧﻴﺮﺓ ﺃﻳﻀﺎ ﺃﻥ ﻣﺎ ﺫﻛﺮ ﻻ ﻳﻤﻨﻊ ﺍﻟﺸﻬﺎﺩﺓ.

ﺣﻮﺍﺷﻲ ﺍﻟﺸﺮﻭﺍﻧﻲ - ﺍﻟﺸﺮﻭﺍﻧﻲ ﻭﺍﻟﻌﺒﺎﺩﻱ - ﺝ - ٣ ﺍﻟﺼﻔﺤﺔ ١٦٦ :

ﻭﺍﺳﺘﺜﻨﻰ ﺑﻌﻀﻬﻢ ﻣﻦ ﺍﻟﻐﺮﻳﺐ ﺍﻟﻌﺎﺻﻲ ﺑﻐﺮﺑﺘﻪ ﻛﺎﻵﺑﻖ ﻭﺍﻟﻨﺎﺷﺰﺓ ﻭﻣﻦ ﺍﻟﻐﺮﻳﻖ ﺍﻟﻌﺎﺻﻲ ﺑﺮﻛﻮﺑﻪ ﺍﻟﺒﺤﺮ ﻛﺄﻥ ﻛﺎﻥ ﺍﻟﻐﺎﻟﺐ ﻓﻴﻪ ﻋﺪﻡ ﺍﻟﺴﻼﻣﺔ ﺃﻭ ﺍﺳﺘﻮﺍﺀ ﺍﻻﻣﺮﻳﻦ ﺃﻭ ﺭﻛﺒﻪ ﻟﺸﺮﺏ ﺧﻤﺮ ﻭﻣﻦ ﺍﻟﻤﻴﺖ ﺑﺎﻟﻄﻠﻖ ﺍﻟﺤﺎﻣﻞ ﺑﺰﻧﻰ ﻭﺍﻟﻈﺎﻫﺮ ﺃﻥ ﻣﺎ ﺫﻛﺮ ﻻ ﻳﻤﻨﻊ ﺍﻟﺸﻬﺎﺩﺓ ﺍﻫ ﻭﻳﺄﺗﻲ ﻓﻲ ﺍﻟﺸﺮﺡ ﻣﺎ ﻳﻮﺍﻓﻘﻪ



Naira Hasyim

Kang Brojol !
والغريق وإن عصي في الغرق بنحو شرب خمر دون الغريق بسير سفينة في وقت هيجانالريح فإنه ليس بشهيد

orang yang tenggelam di sebabkan naik perahu atau kapal laut diwaktu angin ribut,
فإنه ليس بشهيد

_ nah bagaimana kang brojol menyikapi tentang ibarot di atas

Brojol Gemblung

 Ya benar, saya juga setuju dg pernyataan itu, artinya untuk mendapatkan predikat syahadah memang tidak bisa didapat dg cara dibuat-buat.

ﻧﻬﺎﻳﺔ ﺍﻟﺰﻳﻦ ﺹ160 :

ﺃﻣﺎ ﺍﻟﺸﻬﻴﺪ ﻓﻬﻮ ﺛﻼﺛﺔ ﺃﻗﺴﺎﻡ ﻷﻧﻪ ﺇﻣﺎ ﺷﻬﻴﺪ ﺍﻵﺧﺮﺓ ﻓﻘﻂ ﻓﻬﻮ ﻛﻐﻴﺮ ﺍﻟﺸﻬﻴﺪ ﻭﺫﻟﻚ ﻛﺎﻟﻤﺒﻄﻮﻥ ﻭﻫﻮ ﻣﻦ ﻗﺘﻠﻪ ﺑﻄﻨﻪ ﺑﺎﻻﺳﺘﺴﻘﺎﺀ ﺃﻱ ﺍﺟﺘﻤﺎﻉ ﻣﺎﺀ ﺃﺻﻔﺮ ﻓﻴﻪ ﺃﻭ ﺑﺎﻹﺳﻬﺎﻝ ﻭﺍﻟﻐﺮﻳﻖ ﻭﺇﻥ ﻋﺼﻲ ﻓﻲ ﺍﻟﻐﺮﻕ ﺑﻨﺤﻮ ﺷﺮﺏ ﺧﻤﺮ ﺩﻭﻥ ﺍﻟﻐﺮﻳﻖ ﺑﺴﻴﺮ ﺳﻔﻴﻨﺔ ﻓﻲ ﻭﻗﺖ ﻫﻴﺠﺎﻥ ﺍﻟﺮﻳﺢ ﻓﺈﻧﻪ ﻟﻴﺲ ﺑﺸﻬﻴﺪ



Naira Hasyim

Kang Brojol !
Sbenarnya sbelumnya sy sudah tau tentang keterangan dalam Tuhfatul Muhtaj dan juga Mugnil muhtaj , dalam keduanya memiliki inti yang sama.
Namun stelah sy lihat di NihayatuzZain ko' di sana terdapat ibarot seperti yang sy cantumkan di atas.
Yakni orang yang tenggelam disebabkan naik perahu atau kapal laut diwaktu angin ribut bukan termasuk syahid .
Maka timbullah untuk bertanya di group ini.

Brojol Gemblung

Alhamdulillah kemarin malam saya juga muthala'ah Nihayah dan apa yg ada di dalamnya mengenai keterangan seperti yg sampeyan sampaikan, saya fikir memang demikian adanya. Karena untuk mendapatkan predikat syahadah itu tidak dg cara mencari dan membuat sebab agar predikat syahadah bisa diraih. Artinya kematian yg menghantarkan seseorang dihukumi mati syahid itu memang murni karena musibah.

link diskusi :

http://www.facebook.com/groups/kasarung/permalink/588335704524505/?comment_id=588372734520802&offset=0&total_comments=18

link dokumen :

http://www.facebook.com/groups/kasarung/doc/588369884521087/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar