Minggu, 05 Mei 2013

757 : NGAJI KITAB DAQOIQUL AKHBAR ( KEADAAN MAKHLUK SESUDAH BANGKIT DARI KUBUR )

oleh : Mukhammad Yusuf Ismawan

NGAJI KITAB DAQOIQUL AKHBAR fiy dzikri al jannati wa al naari


بسم الله الرحمن الرحيم

الباب السادس والعشرون فى ذكر نشورالخلائق من القبر

Keadaan Makhluk Sesudah Bangkit DariKubur

يقالان الخلائق اذا نشروا من القبر يقفونوقوفا على المواضع التى نشروا أربعين سنة لا يأكلون ولا يشربون ولايجلسون

ولايتكلمون. قيل يارسول الله بم يعرف المؤمنين يوم القيامة بعث الله تعالىالخلائق؟قال عليه السلام ان أمة غرّ محجلون من آثر الوضوء

Diberitakan bahwa para makhluksetelah dibangkitkan dari kubur, maka berdirilah mereka dengan tegak padatempat yang dibentangkan selama 40 tahun, mereka tidak makan, tidak minum,tidak duduk dan tidak bicara. Ditanyakan kepada RasulullaaHh SAW. : "YaRasulullaaHh, dengan apa orang-orang mukmin bisa diketahui pada hari kiamat?"
Nabi SAW. bersabda : "Sesungguhnya umatku mencorong pergelangan kakinyaakibat dari bekas wudhu'."

وفى الخبر اذا كان يوم القيامة بعث الله تعالى الخلائق من قبورهمفاتأتى الملائكة الى قبور المؤمنين ويمسحون الترب عنهم الامواضع سجودهم فلا يذهبمنها ذلك الاثر فينادى المنادى ليس ذلك التراب ترب قبورهم وانما هو تراب محاريبهمدعوا ما عليهم حتى يعبروا الصراط ويدخل الجنة حتى ان كل من ينظر اليهم يعلم انهمخدامى وعبادى.

Diberitakan dalam sebuah hadits : Ketika datang hari kiamat, ALLAHmembangkitkan para makhluk dari kuburnya. Maka datanglah malaikat pada kuburorang-orang mukmin dan mengusap debu dari kubur mereka, kecuali bekastempat-tempat sujud mereka, maka tidak hilang usapan tersebut dari kuburanmereka.

Maka terdengarlah nida' yang memanggil dari hadapan ALLAH SWT. : "Debutersebut bukanlah debu dari kuburannya tetapi debu dari migrab (kiblat) mereka,tinggalkanlah sesuatu pada mereka sehingga mereka melewati Shirath dan merekamasuk kesurga. Maka sesungguhnya setiap orang yang melihat kepada merekamengerti bahwa mereka adalah khadam (pembantu)-Ku dan hamba-Ku."

وروى عن جابر ابن عبد الله رضى اللهعنه تعالى عنه أنه قال,قال عليه السلام اذا كان يوم القيامة وبعث من فى قبور أوحىالله تعالى الى رضوان , يا رضوان انى قد أخرجت الصائمين من قبورهم جائعين عطاشافاستقبلهم بشواء وفاكهة من الجنان فيصح رضوان ياأيها الغلمان ويا أيها الولدانالذىن لم يبلغوا الحلم فيأتون بأطباق من نور ويجتمعون عنده أكثر من عدد قطرالامطار وكواكب الساء وأوراق الاشجار با الفاكهة الكثيرة والاطعمة السمينةوالأشربة اللذيذة فاذا لقيهم أطعمهم من ذلك ويقول لهم كلواواشربوا هنيأ بماأسلفتم فى الايام الخلية.

Diriwayatkan dari Jabir bin Abdillah ra. ia berkata : "RasulullaaHh SAW.bersabda: "Ketika datang hari kiamat dan dibangkitkan para makhlukdari kuburnya, maka ALLAH memberikan wahyu kepada Malaikat Ridhwan : "HaiRidhwan, sesungguhnya Aku telah mengeluarkan orang-orang yang berpuasa darikuburnya dalam keadaan lesu dan haus, maka sambutlah mereka dengan makanangoreng-gorengan dan buah-buahan dari surga."
Maka malaikat Ridhwan memanggil-manggil: "Wahai Ghilman dan Wildan(yaitu pelayan-pelayan disurga yang terdiri dari anak-anak yang belum akilbaligh)."
Maka datanglah mereka dengan pinggan (tempat makanan) dari nur (cahaya) danberkumpul disebelahnya, yang jumlahnya lebih banyak dari jumlah tetesan airhujan, bintang-bintang dilangit, daun pohon-pohonan. Mereka membawabuah-buahan, makanan-makanan yang lezat dan minuman yang menyegarkan. Makaketika ketika malaikat Ridhwan bertemu dengan mereka (orang-orang yangberpuasa), maka diberikanlah makanan tesebut seraya berkata kepada mereka:"Makanlah dan minumlah dengan nikmat dari apa yang kalian inginkan padahari-hari yang telah lalu."

وروى عن ابن عباس رضي الله عنهما أنه قال :قال عليه السلام "ثلثة تصافحهم الملائكةيوم يخرجون من قبورهم الشهداء وصائمو شهر رمضان وصائمو يوم عرفة

Diriwayatkan dari Ibnu Abbas ra. ia berkata : "Nabi SAW. bersabda :"Ada tiga orang yang akan disalami oleh para malaikat pada hari merekadibangkitkan dari kuburnya, mereka adalah orang-orang yang mati syahid, orangyang berpuasa Ramadhan dan orang yang berpuasa pada hari Arafah."

وعن عائشة رضى الله عنها قال عليه السلام "يا عائشة ان فى الجنة قصورا من دروياقوت وزبرجد وذهب وفضة قلت يارسول الله لمن هذه الغصور؟ قال عليه السلام لمن صام يوم عرفة. وقال عليه السلام يا عائشة اناحب الايام الى الله يوم الجمعة ويوم عرفة لما فيه من الرحمة وان ابغص الايام الىابليس يوم الجمعة ويوم عرفة يا عائشة من أصحبح صائما يوم عرفة فتح الله تعالى عليهثلاثين بابا من الخير وأغلق عنه ثلاثسن بابا من السر فاذا أفطر وشرب الماء يستغفرله كل عزق فى جسده يقول "الهم ارحمه الى طلوع الفجر"

Dari Aisyah ra. ia berkata : "RasulullaaHh SAW. bersabda: "HaiAisyah, sesungguhnya disurga ada istana yang terbuat dari intan, yaqut,zabarjad, emas dan perak."
Aku berkata : "Hai RasulullaaHh, untuk siapakah istana itu ?"
RasulullaaHh SAW. menjawab : "Untuk orang-orang yang berpuasa pada hari Arafah."
RasulullaaHh SAW. bersabda lagi : "Hai Aisyah, sesungguhnya hari-hari yangdisukai oleh ALLAH adalah hari Jum'at dan hari Arafah yang didalamnya terdapatrahmat, dan sesungguhnya hari-hari yang paling dibenci oleh iblis adalah hariJum'at dan hari Arafah. Hai Aisyah, barang siapa yang berpuasa pada hariArafah, maka ALLAH bukakan untuknya 30 pintu kebaikan dan ditutup darinya 30pintu kejelekan. Ketika orang-orang itu berbuka dan meminum air maka setiapotot-otot dari jasadnya memohonkan ampunan baginya dengan berkata : "YaALLAH, rahmatilah dia sampai munculnya fajar."

وفى خبر آخر يخرج الصائمون من قبورهم ويعرفون بريح أفواههم بصيامهم يتلقون باالموائدوالابارئق يقال لهم كلوا فقد جعتم حين شبع الناس واشربوا فقد عطشتم حين روى الناسواستر يحوا فيأكلون ويشربون ويسترحون والناس فى الحساب

Dalam sebuah hadits yang lain diceritakan:Orang-orang yang berpuasa keluar dari kubur mereka dan mereka dapat diketahuidengan bau mulut mereka sebab puasanya. Mereka disambut dengan bermacam-macamhidangan dan beberapa kendi, dikatakan pada mereka : "Makanlah kalian,karena sesungguhnya kalian lapar ketika manusia (yang lain) sedang kenyang danminumlah kalian, karena sesungguhnya kalian haus ketia manusia segar danistirahatlah kalian." Maka merekapun makan, minum dan beristirahatsedangkan para manusia yang lain sedang dihisab…po mboten sekeco?mulo kudu wanirekoso nak pengen mulyo.link dokumen :

 http://www.facebook.com/groups/kasarung/doc/585009228190486/

2 komentar: