Rabu, 22 Mei 2013

823 : HUKUM MEMBUNUH KUCING

PERTANYAAN

>>Alvaro Zulfadhli Aqila 

assalamau'alaikum 

Membunuh kucing yang suka mengganggu hukum nanya gimana?

JAWABAN

>> Brojol Gemblung

wa'alaikum salam 

Ada sebuah hadits yg diceritakan dari Ibni 'Umar ra. dari Nabi saw. Bersabda : Seorang wanita disiksa disebabkan sekor kucing yg dia kurung sehingga mati, maka iapun masuk ke dalam neraka.

Wanita itu tidak memberi kucing itu makan, tidak pula memberinya minum saat ia mengurungnya, serta tidak pula ia membiarkan kucing itu untuk mencari makan dari serangga2 di bumi. Muttafaq 'AlaihHadits ini mengindikasikan keharaman membunuh kucing.

Namun Imam al-Damiri di dalam Syarh al-Minhaj mengatakan bahwa menurut qaul ashoh itu boleh membunuh kucing ketika kucing menjadi hama atau pengganggu, tidak dalam keadaan selainnya.

Dan sedangkan menurut al-Qadhi boleh membunuh kucing meskipun pada saat tidak menjadi pengganggu karena disamakan dg lima hewan yg boleh untuk dibunuh.

ﺳﺒﻞ ﺍﻟﺴﻼﻡ - ﻣﺤﻤﺪ ﺑﻦ ﺍﺳﻤﺎﻋﻴﻞ ﺍﻟﻜﺤﻼﻧﻲ - ﺝ - ٣ ﺍﻟﺼﻔﺤﺔ ٢٣٠ - ٢٣١:6 -

ﻭﻋﻦ ﺍﺑﻦ ﻋﻤﺮ ﺭﺿﻲ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻨﻬﻤﺎ ﻋﻦ ﺍﻟﻨﺒﻲ ﺹ ﻗﺎﻝ: ﻋﺬﺑﺖ ﺍﻣﺮﺃﺓ ﻗﺎﻝ ﺍﻟﻤﺼﻨﻒ: ﻟﻢ ﺃﻗﻒ ﻋﻠﻰ ﺍﺳﻤﻬﺎ ﻭﻓﻲ ﺭﻭﺍﻳﺔ: ﺃﻧﻬﺎ ﺣﻤﻴﺮﻳﺔ ﻭﻓﻲ ﺭﻭﺍﻳﺔ: ﻣﻦ ﺑﻨﻲ ﺇﺳﺮﺍﺋﻴﻞ ﻓﻲ ﻫﺮﺓ ﻫﻲ ﺃﻧﺜﻰ ﺍﻟﺴﻨﻮﺭ ﻭﺍﻟﻬﺮ ﺍﻟﺬﻛﺮ ﺳﺠﻨﺘﻬﺎ ﺣﺘﻰ ﻣﺎﺗﺖ ﻓﺪﺧﻠﺖ ﺍﻟﻨﺎﺭ ﻓﻴﻬﺎ ﻻ ﻫﻲ ﺃﻃﻌﻤﺘﻬﺎ ﻭﺳﻘﺘﻬﺎ ﺇﺫ ﻫﻲ ﺣﺒﺴﺘﻬﺎ ﻭﻻ ﻫﻲ ﺗﺮﻛﺘﻬﺎ ﺗﺄﻛﻞ ﻣﻦ ﺧﺸﺎﺵ ﺍﻷﺭﺽ ﺑﻔﺘﺢ ﺍﻟﺨﺎﺀ ﺍﻟﻤﻌﺠﻤﺔ ﻭﻳﺠﻮﺯ ﺿﻤﻬﺎ ﻭﻛﺴﺮﻫﺎ ﻭﺷﻴﻨﻴﻦ ﻣﻌﺠﻤﺘﻴﻦ ﺑﻴﻨﻬﻤﺎ ﺃﻟﻒ ﻭﺍﻟﻤﺮﺍﺩ ﻫﻮﺍﻡ ﺍﻷﺭﺽ ﻣﺘﻔﻖ ﻋﻠﻴﻪ.

ﻭﺍﻟﺤﺪﻳﺚ ﺩﻟﻴﻞ ﻋﻠﻰ ﺗﺤﺮﻳﻢ ﻗﺘﻞ ﺍﻟﻬﺮﺓ ﻷﻧﻪ ﻻ ﻋﺬﺍﺏ ﺇﻻ ﻋﻠﻰ ﻓﻌﻞ ﻣﺤﺮﻡ ﻭﻳﺤﺘﻤﻞ ﺃﻥ ﺍﻟﻤﺮﺃﺓ ﻛﺎﻓﺮﺓ ﻓﻌﺬﺑﺖ ﺑﻜﻔﺮﻫﺎ ﻭﺯﻳﺪﺕ ﻋﺬﺍﺑﺎ ﺑﺴﺒﺐ ﺫﻟﻚ. ﻭﻗﺎﻝ ﺍﻟﻨﻮﻭﻱ: ﺃﻧﻬﺎ ﻛﺎﻧﺖ ﻣﺴﻠﻤﺔ ﺇﻧﻤﺎ ﺩﺧﻠﺖ ﺍﻟﻨﺎﺭ ﺑﻬﺬﻩ ﺍﻟﻤﻌﺼﻴﺔ. ﻭﻗﺎﻝ ﺃﺑﻮ ﻧﻌﻴﻢ ﻓﻲ ﺗﺎﺭﻳﺦ ﺃﺻﺒﻬﺎﻥ: ﻛﺎﻧﺖ ﻛﺎﻓﺮﺓ، ﻭﺭﻭﺍﻩ ﺍﻟﺒﻴﻬﻘﻲ ﻓﻲ ﺍﻟﺒﻌﺚ ﻭﺍﻟﻨﺸﻮﺭ ﻋﻦ ﻋﺎﺋﺸﺔ ﻓﺎﺳﺘﺤﻘﺖ ﺍﻟﻌﺬﺍﺏ ﺑﻜﻔﺮﻫﺎ ﻭﻇﻠﻤﻬﺎ.


ﻭﻗﺎﻝ ﺍﻟﺪﻣﻴﺮﻱ ﻓﻲ ﺷﺮﺡ ﺍﻟﻤﻨﻬﺎﺝ: ﺇﻥ ﺍﻷﺻﺢ ﺃﻥ ﺍﻟﻬﺮﺓ ﻳﺠﻮﺯ ﻗﺘﻠﻬﺎ ﺣﺎﻝ ﻋﺪﻭﻫﺎ ﺩﻭﻥ ﻫﺬﻩ ﺍﻟﺤﺎﻝ. ﻭﺟﻮﺯ ﺍﻟﻘﺎﺿﻲ ﻗﺘﻠﻬﺎ ﻓﻲ ﺣﺎﻝ ﺳﻜﻮﻧﻬﺎ ﺇﻟﺤﺎﻗﺎ ﻟﻬﺎ ﺑﺎﻟﺨﻤﺲ ﺍﻟﻔﻮﺍﺳﻖ. ﻭﻓﻲ ﺍﻟﺤﺪﻳﺚ ﺩﻟﻴﻞ ﻋﻠﻰ ﺟﻮﺍﺯ ﺍﺗﺨﺎﺫ ﺍﻟﻬﺮﺓ ﻭﺭﺑﻄﻬﺎ ﺇﺫﺍ ﻟﻢ ﻳﻬﻤﻞ ﺇﻃﻌﺎﻣﻬﺎ. ﻗﻠﺖ: ﻭﻳﺪﻝ ﻋﻠﻰ ﺃﻧﻪ ﻻ ﻳﺠﺐ ﺇﻃﻌﺎﻡ ﺍﻟﻬﺮﺓ ﺑﻞ ﺍﻟﻮﺍﺟﺐ ﺗﺨﻠﻴﺘﻬﺎ ﺗﺒﻄﺶ ﺑﻨﻔﺴﻬﺎ  

Sedangkan menurut pandangan Ibnu Hajar, bahwa menurut qaul mu'tamad tidak diperbolehkan membunuh kucing walaupun ia menjadi perusak atau hama. Dan menurut al-Qadhi Husain bila menjadi hama maka boleh dibunuh dg syarat kucing tersebut tidak dalam keadaan hamil, dan bila dalam keadaan hamil maka haram secara mutlak. 

ﺍﻟﻤﻮﺳﻮﻋﺔ ﺍﻟﺸﺎﻣﻠﺔ - ﺍﻟﻔﺘﺎﻭﻯ ﺍﻟﻔﻘﻬﻴﺔ ﺍﻟﻜﺒﺮﻯ 9/362:



ﻭﺳﺌﻞ ﺭﺣﻤﻪ ﺍﻟﻠﻪﺗﺒﺎﺭﻙ ﻭﺗﻌﺎﻟﻰ ﺑﻤﺎ ﺻﻮﺭﺗﻪ ﺫﻛﺮ ﺍﺑﻦ ﺍﻟﻌﻤﺎﺩ ﻣﺴﺎﺋﻞ ﺗﺘﻌﻠﻖ ﺑﺎﻟﻬﺮ ﻓﻤﺎ ﺣﺎﺻﻠﻬﺎ ؟

 
ﻓﺄﺟﺎﺏ ﻧﻔﻌﻨﺎ ﺍﻟﻠﻪ ﺳﺒﺤﺎﻧﻪ ﻭﺗﻌﺎﻟﻰ ﺑﻌﻠﻮﻣﻪ ﻭﺑﺮﻛﺘﻪ ﺑﻘﻮﻟﻪ ﺍﻟﺤﺎﺻﻞ ﻓﻲ ﺫﻟﻚ ﺃﻧﻪ ﻻ ﻳﺠﻮﺯ ﻗﺘﻞ ﺍﻟﻬﺮ ﻭﺇﻥ ﺃﻓﺴﺪ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻤﻨﻘﻮﻝ ﺍﻟﻤﻌﺘﻤﺪ ﺑﻞ ﻳﺠﺐ ﻋﻠﻰ ﺩﺍﻓﻌﻪ ﺃﻥ ﻳﺮﺍﻋﻲ ﺍﻟﺘﺮﺗﻴﺐ ﻭﺍﻟﺘﺪﺭﻳﺞ ﻓﻲ ﺍﻟﺪﻓﻊ ﺑﺎﻷﺳﻬﻞ ﻓﺎﻷﺳﻬﻞ ﻛﻤﺎ ﻳﺮﺍﻋﻴﻪ ﺩﺍﻓﻊ ﺍﻟﺼﺎﺋﻞ. ﻭﻗﺎﻝ ﺍﻟﻘﺎﺿﻲ ﺣﺴﻴﻦ ﺭﺣﻤﻪ ﺍﻟﻠﻪ ﺗﺒﺎﺭﻙ ﻭﺗﻌﺎﻟﻰ ﻳﺠﻮﺯ ﻗﺘﻠﻪ ﺍﺑﺘﺪﺍﺀ ﺇﺫﺍ ﻋﺮﻑ ﺑﺎﻹﻓﺴﺎﺩ ﻗﻴﺎﺳﺎ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻔﻮﺍﺳﻖ ﺍﻟﺨﻤﺴﺔ ﻧﻌﻢ ﻳﺠﻮﺯ ﻗﺘﻠﻪ ﻋﻠﻰ ﺍﻷﻭﻝ ﺍﻟﻤﻌﺘﻤﺪ ﻓﻲ ﺻﻮﺭﺓ ﻭﻫﻲ ﻣﺎ ﺇﺫﺍ ﺃﺧﺬ ﺷﻴﺌﺎ ﻭﻫﺮﺏ ﻭﻏﻠﺐ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻈﻦ ﺃﻧﻪ ﻻ ﻳﺪﺭﻛﻪ ﻓﻠﻪ ﺭﻣﻴﻪ ﺑﻨﺤﻮ ﺳﻬﻢ ﻟﻴﻌﻮﻗﻪ ﻋﻦ ﺍﻟﻬﺮﺏ . ﻭﺇﻥ ﺃﺩﻯ ﺇﻟﻰ ﻗﺘﻠﻪ ﻭﻣﺤﻠﻪ ﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻜﻦ ﺃﻧﺜﻰ ﺣﺎﻣﻼ ﻭﺇﻻ ﻟﻢ ﻳﺠﺰ ﺭﻣﻴﻬﺎ ﻣﻄﻠﻘﺎ ﺭﻋﺎﻳﺔ ﻟﺤﻤﻠﻬﺎ ﺇﺫ ﻫﻮ ﻣﺤﺘﺮﻡ ﻟﻢ ﻳﻘﻊ ﻣﻨﻪ ﺟﻨﺎﻳﺔ ﻓﻼ ﻳﻬﺪﺭ ﺑﺠﻨﺎﻳﺔ ﻏﻴﺮﻩ.

Link Kitab: http://islamport.com/d/2/ftw/1/3/78.html

link dokumen :

 http://www.facebook.com/groups/kasarung/doc/592296734128402/

10 komentar:

  1. terus bagaimanakah hukumnya membunuh Kucing yang tidak disengaja..? terimakasih..

    BalasHapus
  2. kalau tidak sengaja

    tidak apa2

    BalasHapus
  3. Kucing saya telah dilanggar kereta. Kesannya, kedua matanya telah buta, manakala tulang rahangnya patah. Saya telah menghantarnya ke klinik haiwan untuk rawatan. Doktor yang merawatnya telah memasang besi di bawah dagunya. Lukanya sembuh tetapi kucing ini tidak boleh makan/minum dengan sendiri. Akhirnya, kucing ini merana dan semakin kurus. Doktor haiwan mengesahkan dia tidak boleh sembuh. Saya membuat keputusan untuk membuat PTS, (enjection mati) untuk menghentikan penderitaannya. Apakah hukumnya keputusan saya ini?

    BalasHapus
  4. Kasusnya sama spt kucing peliharaan saya. Sdh beberapa bulan kucing tsb borokan disatu kakinya,borokan tdk sembuh2, bahkaam menjalar di ke4 kakinya shg tdk bisa berjalan dan sangat menderita. Dokter hewan mengatakan terkena kencing manis. Bolehkan kucing tsb diakhiri penderitannya. Mhn pencerahannya.

    BalasHapus
  5. Kasusnya sama spt kucing peliharaan saya. Sdh beberapa bulan kucing tsb borokan disatu kakinya,borokan tdk sembuh2, bahkaam menjalar di ke4 kakinya shg tdk bisa berjalan dan sangat menderita. Dokter hewan mengatakan terkena kencing manis. Bolehkan kucing tsb diakhiri penderitannya. Mhn pencerahannya.

    BalasHapus
  6. Kalau sy, tdk sengaja lagi main2 saya kurung dalam ember, saya kira pasti dapat oksigen, lalu ketiduran, ternyata pas bangun kaget mereka sdh meninggal.

    BalasHapus
  7. apa hukumnya jika kita tidak sengaja saya kurung dia kedalam baskom besar, saya tinggal nyuci dan saya ketiduran lalu saya pergi kerja. Sore menjelang magrib mama saya nlfon "knp kucing di dlm baskom besar tuu?? Mati dah die". Seketika aq terdiam dan sangat2 merasa bersalah. Gmn cara agar kita dihapuskan dosa yg tanpa sengaja kita lakukan???

    BalasHapus
  8. Jika kucingnya sudah sangat mengganggu gimana?ini kucingnya kucing liar suka pipis d para/langit2 rumah dan krn langit2nya terbuat dr bambu jadi si pipis kucingnya itu netes ke tempat tidur, tmpat solat dan tempat lainnya d dlm rumah. Selain kotor dan jijik, kotoran dan air seni kucing juga mengandung parasit yg sangat berbahaya bagi kesehatan, bolehkah kucing sperti ini dibunuh?

    BalasHapus
  9. kalo saya melihara merpati kipas udah ada 19 ekor tinggal sisa 5 dimakan kucing. boleh ga ya kucingnya dibunuh soalnya udah makan burung itu keterlaluan .jugaan itu kucing tetangga dipelihara tp merusak peliharaan orang lain. disuruh buang ga mau buang katanya kucingnya tiap hari di kasih makan jadi ga bakalan makan merpati kipas saya.

    BalasHapus