Kamis, 23 Mei 2013

825 : MEMAHAMI MAKNA WAHDATUL WUJUD

PERTANYAAN

>> Khoir Ibn Abi Mator

Assalamu'alaykum wrwb .

Mau tanya ni ....
Apa yang di maksud dengan Faham Wahdatul Wujud ....
dan Manuggaling kawulo gusti yang sehingga Syech Siti Jenar di hukum mati oleh Para Wali 9
wassalamu'alaykum wrwb

JAWABAN

>> Brojol Gemblung   

Wa'alaikumussalam

Hemmm,

Wahdatul Wujud,,, benarkah seperti yg mereka pahami???Kebanyakan orang2 Islam yg melakukan pengkajian tentang faham Wahdatul Wujud telah bersalah besar. Sebab mereka mengikuti system orang2 Orientalis (al-Mustasyriq) dan menganalisa dengan teori falsafah.

Padahal masalah ini (wahdatul wujud) sama sekali tidak ada hubungannya dg falsafah Aflathun (Plato) atau Qadyani Hindia, baik hubungan dekat maupun jauh. Jadi sumber kesalahan pembahasan tentangnya adalah dari orang2 Orientalis.
Masalah Wahdatul Wujud yang tidak bisa diketahui kedalamannya kecuali dg Iman, Mujahadah, Ma’rifah dan Mukasyafah, bagaimana akan bisa diketahui oleh orang2 Orientalis yg kafir itu.

Di dalam kitab al-Tashawwuf al-Syar’iy yg ditulis oleh Sayyid Nur dikatakan
: 
ﺍﻟﺘﺼﻮﻑ ﺍﻟﺸﺮﻋﻲ ﺹ 93 : ﻭﻣﻌﻈﻢ ﺍﻟﺒﺎﺣﺜﻴﻦ ﺍﻟﻤﺴﻠﻤﻴﻦ ﺍﺧﻄﺆﻭﺍ ﻓﻲ ﻫﺬﻩ ﺍﻟﻤﺴﺄﻟﺔ ﻭﺣﺪﺓ ﺍﻟﻮﺟﻮﺩ ﻭﺍﺗﺒﻌﻮﺍ ﻃﺮﻳﻘﺔ ﺍﻟﻤﺴﺘﺸﺮﻗﻴﻦ ﻭﺷﺮﺣﻮﻫﺎ ﺑﺎﻟﻔﻜﺮﺓ ﺍﻟﻔﻠﺴﻔﻴﺔ، ﻭﺍﻟﺤﻘﻴﻘﺔ ﺃﻥ ﻫﺬﻩ ﺍﻟﻤﺴﺄﻟﺔ ﻟﻴﺴﺖ ﻟﻬﺎ ﻋﻼﻗﺔ ﻭﺻﻠﺔ ﺑﺎﻟﻔﻜﺮ ﺍﻟﻔﻠﺴﻔﻲ ﺍﻷﻓﻼﻃﻮﻧﻲ ﺃﻭ ﺍﻟﻘﺪﻳﺎﻧﻲ ﺍﻟﻬﻨﺪﻱ ﻻ ﻣﻦ ﻗﺮﻳﺐ ﻭﻻ ﺑﻌﻴﺪ، ﻭﻣﺮﻛﺰ ﺍﻟﺨﻄﺎﺀ ﻓﻲ ﻫﺬﺍ ﺍﻟﺒﺤﺚ ﻫﻢ ﺍﻟﻤﺴﺘﺸﺮﻗﻮﻥ  

Sehingga merekapun banyak yg salah paham mengenai paham ini. Baiklah kita kaji dari kata Wahdatul Wujud, kata ini secara bahasa adalah kesatuan wujud. Sedangkan di dalam istilah ada dua pengertian: 

1. Pengertian yg benar, yaitu wujudnya Allah swt.

yg qadim yakni tidak berpermulaan sejak azali, yakni tidak ada makhluk, Maha Satu, tidak berbilang, tidak bersatu dg wujudnya makhluk, tidak bertempat pada makhluk, dan tidak ditempati oleh makhluk.

Dengan demikian wujudnya makhluk tidak termasuk Wahdatul Wujud ini. Sebab wujud makhluk baru adanya, dari tidak ada menjadi ada. Jadi wujud yg sesungguhnya hanyalah satu, yaitu wujudnya Allah swt. Sedangkan wujudnya makhluk adalah wujud majazy. 

2. Pengertian yg salah, yaitu mengartikan Wahdatul Wujud dg arti menyatukan Allah swt.

dg makhluk-Nya, tidak bisa dipisahkan. Allah swt. adalah makhluk dan makhluk adalah Allah.

Ini adalah Wahdatul Wujud yg kufur, zindiq lebih sesat dari pada Yahudi, Nasrani dan penyembah berhala. 

ﺍﻟﻤﻮﺳﻮﻋﺔ ﺍﻟﻴﻮﺳﻔﻴﺔ ﻟﻠﺸﻴﺦ ﻳﻮﺳﻒ ﺧﻄﺎﺭ ﺹ 436 : ﺇﻥ ﺍﻟﻘﻮﻝ ﺑﻮﺣﺪﺓ ﺍﻟﻮﺟﻮﺩ ﻭﺍﻥ ﺍﻟﻮﺟﻮﺩ ﻭﺍﺣﺪ ﻫﻮ ﺍﻟﺤﻖ ﺗﻌﺎﻟﻰ ﻳﺤﺘﻤﻞ ﻣﻌﻨﻴﻴﻦ، ﺃﺣﺪﻫﻤﺎ ﺣﻖ ﻭﺍﻟﺜﺎﻧﻲ ﻛﻔﺮ،ﻓﺎﻟﻘﺎﺋﻠﻮﻥ ﺑﻮﺣﺪﺓ ﺍﻟﻮﺟﻮﺩ ﻓﺮﻳﻘﺎﻥ ﺍﻟﻔﺮﻳﻖ ﺍﻷﻭﻝ ﺃﺭﺍﺩﻭﺍ ﺑﻪ ﺍﺗﺤﺎﺩ ﺍﻟﺤﻖ ﺑﺎﻟﺨﻠﻖ ﻭﺍﻧﻪ ﻻ ﺷﻲﺀ ﻓﻲ ﻫﺬﺍ ﺍﻟﻮﺟﻮﺩ ﺳﻮﻱ ﺍﻟﺤﻖ ﻭﺍﻥ ﺍﻟﻜﻞ ﻫﻮ ﻭﺍﻧﻪ ﻫﻮ ﺍﻟﻜﻞ، ﻓﻘﻮﻟﻪ ﻫﺬﺍ ﻛﻔﺮ ﻭﺯﻧﺪﻗﺔ ﻭﺃﺷﺪ ﺿﻼﻟﺔ ﻣﻦ ﺃﺑﺎﻃﻞ ﺍﻟﻴﻬﻮﺩ ﻭﺍﻟﻨﺼﺎﺭﻯ ﻭﻋﺒﺪﺓ ﺍﻷﻭﺛﺎﻥ. ﺍﻟﻔﺮﻳﻖ ﺍﻟﺜﺎﻧﻲ ﻗﺎﻟﻮﺍ ﺑﺒﻄﻼﻥ ﻭﻛﻔﺮ ﻣﺎ ﺫﻛﺮ، ﻣﻦ ﺃﻥ ﺍﻟﺨﺎﻟﻖ ﻋﻴﻦ ﺍﻟﻤﺨﻠﻮﻕ ﻭﺍﻧﻤﺎ ﺃﺭﺍﺩﻭﺍ ﺑﻮﺣﺪﺓ ﺍﻟﻮﺟﻮﺩ ﺍﻟﻘﺪﻳﻢ ﺍﻷﺯﻟﻲ ﻭﻫﻮ ﺍﻟﺤﻖ ﺗﻌﺎﻟﻰ ﻓﻬﻮ ﻻ ﺷﻚ ﻭﺍﺣﺪ ﻣﻨﺰﻩ ﻋﻦ ﺍﻟﺘﻌﺪﺩ ﻭﻟﻢ ﻳﻘﺼﺪﻭﺍ ﺑﻜﻼﻣﻬﻢ  

Maka dg demikian menyatunya Dzat Allah swt. dg makhluk-Nya, sehingga tidak bisa dibedakan itu disebut al-Ittihad. Sedangkan bertempatnya Allah swt.

di dalam makhluk-Nya dan bertempatnya makhluk di dalam Dzat Allah swt ini disebut al-Hulul.

Dan hukum Wahdatul Wujud dalam arti Ittihad dan Hulul sebagaimana arti tersebut adalah kufur. 

ﺍﻟﺤﺎﻭﻱ ﻟﻠﻔﺘﺎﻭﻯ ﻟﻠﺴﻴﻮﻃﻲ، ﺍﻟﺜﺎﻧﻲ ﺹ 133 : ﻭﺇﻥ ﻓﺴﺮ ﻗﻮﻟﻪ ﺑﻤﺎ ﻳﻘﺘﻀﻲ ﺍﻟﺤﻠﻮﻝ ﻛﺎﻥ ﻛﺎﻓﺮﺍ ﻣﺮﺗﺪﺍ ﻓﻴﺴﺘﺘﺎﺏ ﺛﻼﺛﺔ ﺃﻳﺎﻡ ﻓﺈﻥ ﺗﺎﺏ ﻭﺇﻻ ﻗﺘﻞ ﻛﻔﺮﺍ ﻭﻻ ﻳﺪﻓﻦ ﻓﻰ ﻣﻘﺎﺑﺮ ﺍﻟﻤﺴﻠﻤﻴﻦ. ﺇﻫـ ﻣﺠﻤﻮﻉ ﻓﺘﺎﻭﻯ ﻭﺭﺳﺎﺋﻞ ﺍﻟﺴﻴﺪ ﻋﻠﻮﻱ ﺍﻟﻤﺎﻟﻜﺲ ﺹ 195 : ﺍﻟﻘﺎﺋﻞ ﺑﺎﻟﺤﻠﻮﻝ ﻭﺍﻹﺗﺤﺎﺩ ﻟﻴﺲ ﻣﻦ ﺍﻟﻤﺴﻠﻤﻴﻦ ﺑﺎﻟﺸﺮﻳﻌﺔ، ﺇﻫـ  

Sekarang yg jadi pertanyaan, benarkah Syech Sitijenar berpaham Wahdatul Wujud dalam arti kedua, ittihad, dan hulul???  

Untuk mengetahui sosok Waliyullah Syech Siti Jenar silahkan baca doc. Ini :

http://www.piss-ktb.com/2012/03/015-tarikh-benarkah-syekh-siti-jenar.html?m=1

link dokumen :

 http://www.facebook.com/groups/kasarung/doc/593066077384801/

1 komentar:

  1. Assalamu'alaikum wr.wb Saudara Huda Sarungan.
    Saya mau tanya,apakah Saudara memiliki salinan kitab Wahdatul Wujud?atau terjemahn dr kitab tsb?jika Saudara memiliki,kiranya sudi untuk menghubumgi saya.terima kasih

    BalasHapus